Cara Terbaik untuk Menjelaskan Kelebihan Anda saat Wawancara Kerja

Motivator Karir | “Jelaskan kelebihan dan kekurangan diri anda.” Ini merupakan pertanyaan umum yang sering diutarakan HRD saat interview kerja. Namun tidak mudah bukan untuk menjawabnya? Oleh karena itu, pada Inspiration On The Road kali ini, saya akan berbagi tips untuk menguasai pertanyaan ini.

Pertama-tama, mari kita mulai dengan kelebihan diri anda. Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi anda untuk “menjual” diri anda. Jelaskan secara sistematis keunggulan diri anda dengan urutan berikut ini:

1.Kompetensi / Keahlian Utama
Jelaskan minimal tiga kemampuan utama anda. Bila anda melamar accounting staff misalnya. Jelaskan anda mampu membuat laporan keuangan, income statement, laba rugi, dll.

2. Pendidikan
Ceritakan soal riwayat studi anda. Misalnya anda kuliah jurusan accounting. Atau mungkin pendidikan formal lainnya yang relevan dengan jabatan yang anda lamar.

3. Pelatihan
Jika anda pernah mengikuti pelatihan, sertifikasi, atau hal informal lainnya yang nyambung dengan jabatan yang anda lamar, maka ini adalah momen yang tepat untuk mengutarakannya.

4. Prestasi yang pernah dicapai
Prestasi bisa apa saja. Tidak hanya pekerjaan. Yang penting positif. Anda juara pidato misalnya, atau olah raga, semuanya memberi nilai tambah bagi anda. HRD akan mencatat hal itu.

5. Sikap positif yang relevan dengan pekerjaan yang anda Lamar.
Misal anda melamar accounting staff dan anda menyampaikan bahwa kelebihan anda adalah teliti. Ini poin positif bagi anda. Begitu juga kalau anda melamar bagian penjualan. Akan sangat baik kalau kelebihan anda adalah senang berkomunikasi dan mempengaruhi orang.

Yang harus dipastikan, semua informasi yang disampaikan mesti benar. Jangan coba-coba berbohong. Pasti ketahuan. Dan akibatnya akan fatal.

Tidak boleh lupa juga bahwa seluruh hal positif atau kelebihan yang anda sampaikan harus disiapkan buktinya. Karena HRD akan menanyakan itu. Jangan sampai HRD menyimpulkan bahwa anda hanya ngarang saja. Jangan ya. Ingat harus jujur.

So, kalau anda punya waktu luang, siapkan point-point kelebihan diri anda. Supaya saat membutuhkan, anda bisa menjawab dengan benar dan lancar…car… Nah, terus bagaimana dengan jawaban atas Kekurangan diri anda? Nantikan di Inspiration On The Road berikutnya. Saya Dasep Suryanto. Salam indahnya berbagi..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *