QnA: Bisakah Kerja sambil Kuliah?

“Saya sedang kuliah dan sedang mencari kerja, apakah bisa bekerja di dunia retail sambil kuliah? minta tipsnya dong biar g keteteran.” (Rudi, Sales Assistant)

Memang ini tidak mudah, namun bila keduanya bisa berjalan dengan baik akan sangat bagus, karena kuliah sambil bekerja akan melatih diri kita untuk menjadi semakin produktif. Beberapa keuntungan yang kita dapatkan jika Bekerja sambil kuliah :

1. Dalam waktu yang relatif singkat kita akan mendapatkan banyak hal

Misal jika seseorang kuliah saja menghabiskan 4 tahun, kemudian setelah lulus dilanjutkan bekerja 3 tahun maka akan mendapat pengetahuan dan keterampilan senilai sekian dalam 7 tahun.

Lain hal nya jika anda kuliah 4 tahun dan di tahun ke-2 anda sudah mulai kuliah sambil bekerja selama 3 tahun, maka dalam 4 tahun anda akan mendapatkan hasil yang sama dengan waktu 7 tahun tadi. Sehingga, dalam waktu yang relatif lebih cepat, pengetahuan dan keterampilan anda jauh lebih hebat.

2. Menjalankan perkuliahan tidak hanya sebatas teori

Pola pikir dan wawasan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja tentu akan berbeda.

Teori yang ia peroleh di bangku kuliah akan diperkaya oleh pengalaman di pekerjaannya. Dengan demikian kualitas pemahamannya akan jauh lebih baik karena tataran teori dan praktek didapat sekaligus.

3. Memiliki portfolio yang lebih baik saat lulus kuliah

Ketika selesai kuliah, anda akan memiliki portofolio yang lebih baik dan dapat menjadi nilai jual dirinya di mata perusahaan. Saat lulus kuliah anda sudah punya pengalaman kerja, sehingga sudah jauh lebih unggul dari kandidat lainnya.

Tentu saja dalam menjalani kuliah sambil bekerja pengelolaan diri atau self manajemennya harus jauh lebih baik lagi. Kalau tidak, akan berantakan semuanya.

Berikut beberapa tips dari saya:

Masuki dunia kerja ketika kita sudah bisa menghandle dan menguasai ritme perkuliahan dengan baik. Pastikan dulu kuliah nya bisa ditangani dengan baik, dan anda punya waktu luang yang bisa digunakan untuk berkerja.

Periksa juga apakah waktu luang yang anda miliki bisa untuk bekerja full time atau hanya dapat bekerja secara part time? Sesuaikan pilihan pekerjaan dengan karakteristik pekerjaannya.

Contohnya jika anda kuliah di weekday, maka anda bisa mencari pekerjaan yang mempekerjakan anda di weekend atau sebaliknya.

Carilah perusahaan yang memungkinkan bagi anda untuk memperbolehkan karyawannya bekerja sambil kuliah. Saat ini banyak perusahaan yang terbuka terhadap karyawan yang kerja sambil kuliah.

Yang terpenting dan yang menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan kerja sambil kuliah adalah kedisiplinan diri. Berilah komitmen penuh pada pilihan yang sudah anda pilih. Anda harus ingat bahwa tuntutan pekerjaan akan jauh lebih ketat dibandingkan perkuliahan, tetapi kuliah tidak kalah pentingnya bagi masa depan anda. So, harus bijak dalam mengatur waktu.

Demikian jawaban dari saya, selamat mencoba.

Salam indahnya berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *