Q & A

QnA: Tips Mengejar Target Penjualan di Pertengahan Bulan

“Salam sejahtera Pak Dasep. Bagaimana ya cara mengejar target penjualan yang belum tercapai meski sudah masuk pertengahan bulan. Terimakasih,” Wahyuni (SPG)

Pertanyaan menarik dari Sahabat Wahyuni mengenai bagaimana agar dapat mencapai target penjualan meskipun sudah di tengah bulan.

Disadari atau tidak, penjualan merupakan profesi semua orang. Bisa menjual produk, jasa, dll. Bahkan anak kecil yang merengek meminta sesuatu kepada ibunya juga sebetulnya sedang menjual “rasa iba” kepada ibunya.

Kembali ke topik tadi, jika yang dimaksud sahabat Wahyuni adalah penjualan produk terutama di dunia retail. maka beberapa hal fundamental yang dapat dilakukan antara lain :

1.Know your product

Kuasai betul product knowledge dari produk yang anda jual. Anda harus paham betul segala keunggulan dari produk tersebut, segala manfaat dari produk tersebut, cara menggunakan produk tersebut, dan segala seluk beluk mengenai produk tersebut.

Tidak selesai sampai disitu, anda harus mengetahui substitusi dari setiap produk yang anda jual. Sehingga ketika produk yang dicari customer telah habis, maka anda bisa menawarkan produk lain yang mirip dengan yang customer cari.

Selain itu anda juga harus tahu barang komplimentari dari produk-produk yang anda jual. Misal customer membali sepeda dari toko anda, maka tawarkan juga baju untuk olahraga sepeda, botol minum, ransel bersepeda, dll.

2.Know your customer

Selain menguasai produk, anda juga harus tahu tipe customer anda. Ketahui betul kebutuhan customer. Ajukan pertanyaan yang membuat kita langsung mengetahui keinginan customer. Hanya anda juga harus memperhatikan tipe-tipe customer. Dan perlakukan customer berdasarkan tipenya.

Ada customer yang selalu ingin ditemani, dan sering bertanya tentang banyak hal terkait produknya. Ada juga yang ingin sendiri, mempelajari produknya sendiri, dan merasa risih jika diikuti. Kenali tipenya, dan perlakukan customer berdasarkan kebutuhannya.

3.Prinsip Penjual = Mulia

Milikilah prinsip bahwa profesi penjual adalah profesi yang mulia. Karena menjual adalah membantu orang (dalam hal ini customer) mendapatkan yang ia butuhkan.

Jika anda merasa setiap hari yang anda lakukan adalah menolong orang, maka berjualan tidak akan menjadi beban, bahkan dapat menjadikan ladang amal bagi anda. Dan tentu ini akan membuat anda semangat terus berjualan, dan target anda akan tercapai meskipun baru setengah bulan.

Selamat mencoba. Salam indahnya berbagi.

Related posts

QnA: Cara Menghadapi Orang yang Suka Menyalahkan Orang Lain

admin

QnA: Bagaimana Cara Meminta Kenaikan Gaji? 

admin

QnA: Tips Menjaga Motivasi Karyawan yang Menurun karena Alasan Kompensasi

admin

Leave a Comment