Ilustrasi. Foto: .cloudfront.net
Feeds

Tips Wawancara Kerja via WhatsApp dan Pesan Singkat lainnya

Dasepsuryanto.com – Kecanggihan teknologi serta pentingnya efisiensi waktu terkadang mampu merubah sebuah pola yang ada di dunia kerja. Salah satunya dalam hal wawancara kerja.

Jika dulu kita terbiasa untuk bertatap muka langsung ketika interview, sekarang setidaknya ada beberapa alternatif yang dipakai perusahaan untuk menemukan karyawan barunya.

Mulai dari Interview melalui video call, phone call, hingga pesan teks.

Nah, lalu apa yang harus anda lakukan supaya bisa menghadapi wawancara kerja melalui teks dengan maksimal? Simak beberapa tips dari CNN.com ini:

phone interview

1.Jangan anggap remeh

Meski dilakukan melalui pesan teks, wawancara ini sama seriusnya dengan wawancara melalui tatap muka. Jadi persiapkan semua jawaban anda dengan baik.

2. Ingat anda sedang tidak membuat novel

Ketika menjawab, jangan membuat tulisan yang bertele-tele. Jawablah semua pertanyaan dari pewawancara dengan efisien.

3. Hindari penggunaan emoji.

Tetaplah pertahankan suasana profesional saat wawancara terjadi. Hindari penggunaan emoji dan istilah-istilah lain yang memberi kesan tidak formal. Ini adalah cara yang baik untuk memberitahu sang pewawancara jika anda menghargainya.

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

4. Manfaatkan jeda waktu menulis untuk memikirkan jawaban yang baik

Salah satu keuntungan wawancara melalui pesan teks adalah anda memiliki cukup banyak waktu untuk memberi jawaban yang baik.

Namun ingat, jangan terlalu lama saat membalas. Karena itu akan sangat membuat pewawancara merasa tidak dihargai. Dan anda dianggap mengarang jawabannya.

Nah, bagaimana, Sudah siap untuk melakukan wawancara via whatsApp, sms atau aplikasi pesan teks lainnya? Semoga berhasil ya.

(Posted by Admin)

Related posts

Mengatur Nada Berbicara yang Pas Saat Berkomunikasi

admin

Memotivasi Tim

admin

Lakukan Cara Ini Agar Waktu Kerja Tak Terbuang Sia-sia

admin

1 comment

Irwansyah January 17, 2018 at 1:38 am

Terimakasih pak dr.dasep Suryanto postingan bapak sangat bermanfaat dan semoga saya bisa mengalami hal tersebut dan merupakan pengalaman pertama di era digital

Reply

Leave a Comment