Toko, Barang, dan Orang

Saat hari ini saya perjalanan pulang ke rumah, ada wa masuk. Rupanya WA dari April, sahabat lama yang bisnis Retail Pakaian di daerah Bandung.

Sahabat April bertanya bagaimana meningkatkan penjualan pakaian di ruko yang ia miliki. Selama ini penjualannya relatif stagnan bahkan cenderung menurun.

Tulisan ini jawaban buat beliau dan juga sharing buat sahabat semua. Saat penjualan retail kurang bagus, setidaknya ada 3 hal mendasar yang harus dievaluasi terlebih dahulu.

Toko, Barang, dan Orang.

Posted by Admin

Toko

Perhatikan toko anda.

1. Apakah cukup menarik bila dipandang dari luar.
2. ‎Apakah penerangannya cukup.
3. ‎Alunan musik dalam toko pastikan content nya sesuai dengan tema produk. Suaranya diatur agar nyaman didengar.
4. ‎ Pastikan temperatur cukup, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
5. ‎ Pastikan pengharum ruangan digunakan secukupnya.

Posted by Admin

Barang

1. Stock Availability. Perhatikan ketersediaan barang dikelola dengan baik. Satu atau dua kali barang yang customer cari tidak ada, maka customer akan kapok untuk datang kembali.

2. ‎Visual Merchandising. Lakukan pendisplayan barang dengan baik. Tata barang dengan menampilkan gaya hidup, life style. Gunakan manequin yang pas. Dekatkan dan pasangkan barang sesuai dengan mix & match nya. Berikan pencahayaan yang menonjol pada barang-barang tertentu yang memang sedang di high light (barang promo, barang unggulan, dll)

3. ‎Product Replenishment. Pastikan barang yang sudah terjual, tempatnya diisi kembali. Jangan sampai displaynya bolong-bolong. Akan terkesan kekurangan barang dan penampilannya tidak menarik.

Posted by Admin

Orang

1. Appearance. Cek penampilan karyawan anda. Harus bersih, rapih, dan enak dipandang.

2. ‎Pastikan tidak BB (bau badan). Di industri retail sering ditemukan tenaga penjualan yang BB dan membuat customer menjauh dan batal berbelanja.

3. ‎Hal sederhana namun fatal adalah BM (bau mulut). Pastikanlah ini tidak terjadib dengan staff penjualan anda. Minta dia minum setidaknya setiap 2 jam sekali.

4. ‎Pastikan Product Knowledge nya bagus. Penguasaan terhadap pengetahuan tentang product sangat mutlak penting. Bagaimana dia bisa menjual kalau tidak tahu fungsi dan keunggulan dari barang yang ia jual.

5. ‎Selling Skill. Cek kemampuan jualannya. Bagaimana ia membuka pembicaraan dengan customer, bagaimana menggali kebutuhan customer, bagaimana menawarkan product kepada customer. Bagaimana clossing yang mantap sehingga terjadi transaksi.

6. ‎Link Selling. Pastikan tenaga penjualan anda mampu mempadu padankan barang. Sehingga bisa mendorong customer untuk berbelanja dengan jumlah pembelanjaan besar.

Selamat mencoba.

Salam indahnya berbagi.

One thought on “Toko, Barang, dan Orang

  • Januari 30, 2018 pada 2:53 am
    Permalink

    taktis dan operasional banget Pak. Thanks Pak, sehat selalu buat Bapak

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *