5 Tipe Teman Kerja Terbaik untuk Bantu Kesuksesan Karier Anda

Dasepsuryanto.com – Di mana pun Anda bekerja, Anda pastinya membutuhkan orang lain. Karena itulah, Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja Anda.

Yang perlu diingat, Anda tak perlu berteman dengan semua orang di kantor Anda, tapi pilihlah teman kerja yang bisa membantu Anda untuk sukses dalam karier Anda.

Lalu, seperti apa tipe teman kerja yang seperti itu? Berikut ini kelima tipenya, seperti dilansir dari Monster.com.

1. Sahabat karib

Di kantor, Anda bisa memiliki sahabat karib. Dengan memiliki sahabat karib, maka hal itu bisa mempengaruhi performa kerja Anda menjadi lebih baik dan meningkatkan produktivitas.

Tak ada trik khusus dalam mencari sahabat karib ini. Biarkan semua berjalan dengan sendirinya, dan jika sudah waktunya, nantinya Anda akan mendapatkan satu atau dua orang yang bisa dijadikan sahabat.

2. HRD

Anda bisa memilih untuk bekerja dengan teman yang posisinya adalah HRD, karena orang dengan jabatan HRD tahu banyak tentang apa yang terjadi pada perusahaan tempat dia kerja. Meski demikian, secara mengejutkan banyak orang yang jadi tak berteman dengan HRD setelah diterima kerja.

Keuntungan memiliki teman HRD adalah Anda mungkin bisa pindah ke posisi lain yang lebih sesuai dengan kemampuan Anda, dan keinginan Anda itu bisa dibantu oleh teman Anda yang HRD. Siapa tahu, dengan pindah posisi, Anda jadi bisa lebih sukses.

3. Sponsor

Anda juga butuh teman yang menjadi ‘sponsor’ Anda. Teman Anda itu nantinya akan mensponsori Anda ke atasan Anda jika Anda memang layak untuk naik jabatan, atau bisa juga teman Anda itu akan mempromosikan kemampuan atau skill Anda pada atasan, sehingga atasan bisa melihat Anda sebagai pekerja yang mumpuni.

Anda bisa mencari teman yang lebih senior, dan katakan bahwa Anda mengagumi kinerja mereka. Siapa tahu, mereka bersedia menjadi mentor Anda, untuk membuat Anda berkembang ke arah yang lebih baik, sehingga pantas untuk dipromosikan.

4. Saingan

Jika Anda memiliki saingan, sebaiknya Anda jangan memusuhinya. Sebaliknya, Anda bisa lebih mendekatinya. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan skill Anda agar bisa lebih baik dari saingan Anda itu, begitu juga sebaliknya.

Atasan Anda nantinya akan melihat Anda dan saingan Anda merupakan tim yang baik, dan itu merupakan hal yang positif.

5. Penjaga gerbang

Penjaga gerbang di sini maksudnya bukan berteman dengan sekuriti atau satpam, melainkan dengan resepsionis, atau asisten atasan Anda.

Berteman dengan mereka berarti Anda bisa mendapatkan akses mengenai informasi yang tak semua orang tahu, mulai dari rapat penting yang biasanya tak Anda hadiri, atau Anda bisa tahu lebih dulu dibandingkan rekan kerja Anda mengenai proyek baru di perusahaan Anda.

Anda bisa mengajak teman Anda yang berada di posisi ini untuk keluar makan bersama, atau membawakan makanan untuknya, namun jangan terlalu sering, karena Anda bisa disangka sedang melakukan suap.

Itulah 5 tipe teman kerja terbaik yang bisa bantu Anda untuk sukses dalam karier. Sukses selalu untuk Anda.

Ditulis oleh Admin. Sumber artikel: Monsters.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *