Feeds

10 Cara Agar Presentasi di Kantor Anda Maksimal

Melakukan presentasi di kantor memang tak mudah, meskipun terlihat mudah. Kadang kala, jika tak dipersiapkan dengan baik, presentasinya malah berujung pada kegagalan, dan hal itu malah merugikan perusahaan tempat Anda bekerja. Agar presentasi Anda di kantor lebih maksimal, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini.

1. Latihan

Ilustrasi presentasi (Unsplash)

Untuk bisa presentasi dengan baik di kantor, sebelumnya Anda harus latihan dulu. Anda bisa berlatih di depan teman-teman Anda, atau merekam dulu apa yang Anda presentasikan, sehingga jika ada kesalahan, maka Anda bisa memperbaikinya.

2. Datang lebih awal

Ilustrasi tepat waktu (Unsplash)

Anda bisa datang lebih awal ke kantor. Tujuannya adalah agar Anda punya waktu untuk menenangkan diri sebelum melakukan presentasi. Jika sudah tenang, maka Anda bisa melakukan presentasi dengan baik.

3. Membiasakan diri

Ilustrasi membiasakan diri (Pixabay)

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda bisa datang lebih awal dan menuju ke ruangan tempat Anda akan melakukan presentasi. Hal itu dilakukan agar Anda terbiasa dengan ruangan tempat Anda presentasi. Jika sudah membiasakan diri, Anda akan lebih leluasa melakukan presentasi.

4. Berpikir positif

Ilustrasi positif (Unsplash)

Berpikiran negatif sebelum melakukan presentasi hanya akan memperburuk keadaan, dan malah bisa jadi apa yang Anda pikirkan sebelumnya akan terjadi. Karena itu, sebaiknya Anda terus berpikiran positif. Anda pun akan lebih tenang jika berpikiran positif.

5. Jangan terburu-buru

Ilustrasi presentasi (Pixabay)

Jika sedang gugup, tanpa sadar Anda akan melakukan presentasi secara terburu-buru, dan menyebabkan Anda berbicara lebih cepat, bahkan bisa jadi akan panik sendiri. Anda bisa melambatkan tempo Anda melakukan presentasi, serta mengatur napas Anda, agar tak panik.

6. Presentasikan hal yang penting

Ilustrasi presentasi hal penting (Unsplash)

Anda cukup mempresentasikan hal yang penting saja, dan tak perlu juga membicarakan hal yang kurang penting. Membicarakan hal yang kurang penting justru akan membuang waktu, sementara hal yang penting jadi tak bisa disampaikan.

7. Tetap tersenyum

Ilustrasi tersenyum (Unsplash)

Tersenyum bisa membuat kita lebih tenang, karena dari tersenyum itu, hormon endorfin yang berkaitan dengan kebahagiaan akan muncul. Presentasi Anda pun akan berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Tapi ingat, jangan berlebihan.

8. Presentasi dengan berdiri

Ilustrasi presentasi berdiri (Unsplash)

Sebisa mungkin jangan melakukan presentasi sambil duduk, karena duduk itu dianggap hal yang pasif. Jika Anda melakukan presentasi dengan berdiri, orang akan menilai Anda orang yang percaya diri.

9. Ambil jeda untuk minum

Ilustrasi air (Unsplash)

Di sela presentasi, Anda bisa berhenti sementara untuk minum. Sediakan air minum di dekat Anda, untuk Anda minum saat jeda. Tak ada orang yang akan melarang Anda untuk minum sejenak.

10. Tetap yakin bahwa Anda bisa

Ilustrasi yakin (Unsplash)

Terakhir, perlu diketahui bahwa setiap orang akan merasakan hal yang sama jika berada di posisi Anda. Mereka akan merasa takut juga, sama seperti Anda. Karena itu, tak masalah jika Anda merasa takut atau gugup selama presentasi. Selama Anda yakin bisa, maka Anda pasti bisa.

Semoga dengan melakukan 10 cara di atas, presentasi di kantor Anda bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Related posts

Jangan tanyakan 3 hal ini Saat Wawancara Kerja

admin

5 Alasan Milenial Patut Jadi Pemimpin

admin

10 Prinsip agar Komunikasi Pemimpin Efektif

admin

Leave a Comment