Feeds

Jadi Rekan Kerja Terbaik dengan Lakukan Tips Ini

Jika dihitung, Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan rekan kerja di kantor, dibandingkan dengan keluarga Anda. Pasalnya, Anda akan bekerja kurang lebih 8 jam sehari, dan sementara Anda akan bersama keluarga hanya kurang lebih 6 jam bahkan kurang, karena Anda akan merasa lelah saat berada di rumah, dan akan langsung tidur. Jam tersebut belum dihitung jam perjalanan dari kantor ke rumah, yang memakan waktu lumayan banyak, terutama jika di Jakarta. Karena Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan rekan kerja Anda, berikut ini adalah beberapa tips agar Anda bisa menjadi rekan kerja terbaik di kantor.

1. Tunjukkan rasa hormat dan terima kasih Anda

Ilustrasi berterima kasih (Pixabay)

Jika seorang karyawan kerja di kantor, namun tak mendapatkan apresiasi, hal itu justru akan mengurangi motivasi mereka untuk bekerja di kantor. Di sinilah peran Anda sebagai rekan kerja. Anda bisa menunjukkan apresiasi pada rekan kerja Anda, tanpa menghilangkan rasa hormat. Dengan begitu, rekan Anda akan tetap semangat bekerja di kantor.

2. Jauhi gosip

Ilustrasi hindari gosip (Pixabay)

Mungkin Anda tak sengaja mendengar ada rekan kerja Anda yang digosipkan kurang baik. Sebaiknya Anda jauhi hal yang seperti itu, karena hal itu justru akan membuat hubungan antar rekan kerja jadi kurang baik, dan akan menghambat pekerjaan Anda sendiri nantinya.

3. Hilangkan kebiasaan buruk di kantor

Ilustrasi terlambat ke kantor (Pixabay)

Anda harus menghilangkan kebiasaan buruk saat di kantor, seperti misalnya terlambat datang ke kantor, atau tak becus melakukan pekerjaan di kantor. Agar sama-sama enak, sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan tersebut. Dengan begitu, rekan kerja Anda akan semakin senang bekerja sama dengan Anda.

4. Jadi pendengar yang baik

Ilustrasi pendengar yang baik (Pixabay)

Anda tahu jika rekan kerja Anda sedang ada masalah. Tak ada salahnya Anda menawarkan diri agar rekan Anda itu bercerita pada Anda, untuk menghilangkan beban yang ada di dalam pikirannya. Anda cukup mendengarkannya dengan baik, dan sesekali berikan saran jika diperlukan. Anda akan dianggap rekan kerja Anda sebagai orang baik, dan lebih mempererat hubungan Anda dengan rekan kerja Anda.

5. Ciptakan tradisi

Ilustrasi makan bersama (Unsplash)

Terakhir, Anda bisa menciptakan tradisi di lingkungan kantor Anda, seperti misalnya hari Jumat malam, sebelum pulang kantor, Anda bisa mampir ke tempat makan untuk makan-makan bersama. Dengan begini, Anda bisa menciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja Anda, dan hal ini berimbas pada lingkungan kerja yang baik nantinya.

Jadi, sudah siap untuk menjadi rekan kerja terbaik untuk rekan kerja Anda?

Related posts

Evaluasi Karier di Akhir Tahun: Refleksi Diri

admin

Tips untuk Lebih Bahagia dengan Karier Anda Saat Ini

admin

Berkomunikasi yang Tepat Saat Meeting

admin

Leave a Comment