Feeds

Perbanyak Teman, Perluas Network, Niscaya Masa Depan Karier Anda Cemerlang

Manusia adalah makhluk sosial, yang tak bisa hidup tanpa adanya manusia lainnya. Hal ini berlaku untuk semua aspek, termasuk untuk soal karier. Untuk bisa mendapatkan atau bahkan memajukan karier, Anda memerlukan bantuan orang lain. Karena itulah, diperlukan network yang baik dari seseorang agar bisa mengenal banyak orang, dan secara tak langsung membuat kariernya bisa cemerlang. Dilansir dari Lifehack.org, berikut ini adalah cara menjalin network agar Anda bisa memiliki karier yang maju.

1. Selalu memberi

Ilustrasi memberi (Pixabay)

Untuk bisa menjalin network yang baik, Anda perlu untuk memberi, tak cuma menerima. Memberi di sini maksudnya adalah bukan dalam hal benda atau materi, melainkan memberikan ide dan juga pengetahuan. Dengan berbagi ilmu, maka secara tak langsung orang lain pun akan mengenal Anda, dan bukan tak mungkin orang lain itu juga akan mengenalkan Anda pada teman-temannya. Hasilnya, network pun bisa terjalin.

2. Menyisihkan waktu untuk orang lain

Ilustrasi membantu orang lain (Pixabay)

Zaman sekarang, tak heran jika banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya, yang bisa dibilang menggunung, sehingga tak punya banyak waktu untuk mengurus orang lain. Namun, jika ingin menjalin network, Anda harus menyisihkan beberapa waktu Anda untuk bisa membantu orang lain. Siapa tahu, orang yang Anda bantu itu malah bisa membuat karier Anda menanjak jadi lebih baik dari sekarang.

3. Menulis blog atau membuat channel YouTube

YouTube (Pixabay)

Bila dulu yang punya blog bisa dihitung, maka sekarang pemilik blog sudah tak terhitung lagi. Mungkin Anda sendiri juga punya blog aktif, yang diisi dengan berbagai kegiatan Anda atau tips dari Anda. Memiliki blog merupakan salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan kenalan. Anda juga bisa membuat channel YouTube, untuk bisa berkenalan dengan orang-orang yang belum pernah Anda kenal sebelumnya, baik dari negara sendiri, atau bahkan dari luar negeri.

4. Memanfaatkan segala kesempatan untuk berkenalan

Ilustrasi berkenalan (Pixabay)

Ada pasti pernah menaiki kereta atau pesawat terbang, dan pastinya akan ada orang yang duduk di sebelah Anda. Gunakanlah kesempatan itu untuk berkenalan, dan Anda bisa juga menggunakannya sebagai sarana untuk berbagi ilmu, sebagaimana dijelaskan dalam poin pertama. Kemungkinan, orang yang Anda ajak ngobrol dan berbagi ilmu akan membantu Anda di masa depan.

5. Bergabung asosiasi profesi

Ilustrasi asosiasi profesi (Pixabay)

Anda juga bisa bergabung ke asosiasi profesi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Bisa bergabung ke asosiasi profesi hukum, atau teknologi. Di asosiasi profesi mana pun, Anda pasti akan bertemu dengan kenalan baru, yang bisa menambah daftar kenalan Anda.

Itulah 5 cara agar Anda bisa menjalin network, yang nantinya bisa memajukan karier Anda. Sukses selalu untuk Anda.

Related posts

Ini 5 Hal Positif yang Bisa Dipetik dari Negara-negara Paling Produktif Sedunia

admin

3 Hal yang bisa Membuat Presentasi Anda Terlihat Mengagumkan

admin

Yang Mesti Disepakati Agar Komunikasi Efektif

admin

Leave a Comment