Feeds

Tips Jitu Keluar dari Zona Nyaman

Berada dalam zona nyaman memang membuat kita jadi lebih bisa menikmati kehidupan kita. Meski demikian, ada kalanya kita harus keluar dari zona nyaman untuk bisa membuat hidup kita lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah untuk bisa keluar dari zona nyaman, seperti dikutip dari Developgoodhabits.com.

1. Mantapkan hati

Ilustrasi mantapkan hati (Pixabay)

Yang akan dirasakan saat ingin keluar dari zona nyaman adalah perasaan takut. Rasa takut itu datang dari ketidaktahuan kita. Karena itulah, sebelum keluar dari zona nyaman, ada baiknya kita harus memantapkan hati kita. Setelah hati mantap, kemudian kita bisa mulai mencari informasi. Informasi yang dicari antara lain adalah skill yang akan dibutuhkan nanti, serta kegiatan apa yang akan dilakukan nantinya. Jika sudah tahu apa yang akan dilakukan, maka rasa takut yang sebelumnya ada akan perlahan hilang.

2. Matangkan rencana

Ilustrasi rencana (Pixabay)

Setelah mengetahui semua informasi yang dibutuhkan, berikutnya yang perlu dilakukan adalah menyusun rencana. Susun kegiatan yang paling mudah sebagai rencana awal, barulah setelah itu susun kegiatan berikutnya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Prediksikan pula hambatan atau kendala apa saja yang akan dihadapi nanti, sehingga jika benar hambatan itu terjadi, maka solusinya sudah berada di tangan.

3. Minta support keluarga

Ilustrasi dukungan keluarga (Pixabay)

Langkah berikutnya adalah Anda harus memberitahu keluarga dan teman mengenai apa yang akan Anda lakukan. Tujuannya, adalah agar mereka bisa membantu Anda dalam mewujudkan tujuan untuk bisa keluar dari zona nyaman, dan diharapkan bisa melakukan terobosan baru, terutama dalam hal pekerjaan. Selain itu, dengan memberitahu mereka, maka Anda akan lebih merasa tidak enak pada mereka jika tak berhasil mewujudkan impian untuk bisa keluar dari zona nyaman, sehingga Anda pun akan berusaha semaksimal mungkin.

4. Lakukan hal baru

Ilustrasi lakukan hal baru (Pixabay)

Langkah berikutnya untuk keluar dari zona nyaman adalah mulai melakukan hal baru yang sebelumnya tak belum pernah dilakukan sebanyak mungkin. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda tak pernah bekerja jadi seorang salesman, maka cobalah untuk menjadi seorang salesman. Anda juga bisa melakukan pekerjaan lain yang sesuai dengan ilmu Anda, seperti teknisi komputer, atau seorang akuntan.

5. Konsisten dan tetap positif

Ilustrasi positif (Pixabay)

Jika hal yang sebelumnya tak berani dilakukan sudah mulai bisa dilakukan, berikutnya Anda harus tetap berpikiran positif, untuk menjaga agar jangan sampai kembali ke zona nyaman. Selama proses keluar dari zona nyaman, Anda pasti akan mendapatkan beberapa komentar negatif. Jangan biarkan komentar ini membuat pengaruh buruk, namun buatlah komentar ini sebagai motivasi untuk bisa benar-benar konsisten keluar dari zona nyaman.

Jika Anda sudah melakukan kelima langkah tadi, maka Anda sudah berhasil keluar dari zona nyaman. Berikutnya, yang perlu dilakukan adalah menjaga agar Anda tidak kembali ke zona nyaman. Untuk itulah diperlukan niat dan juga konsistensi.

Related posts

Kebiasaan Agar Meeting Lebih Efektif

admin

Membangun Hubungan Baik dengan Rekan Bisnis

admin

Kejujuran, Mata Uang yang Berlaku di Mana-mana

admin

Leave a Comment