Feeds

Kejujuran, Mata Uang yang Berlaku di Mana-mana

Kejujuran merupakan salah satu hal yang paling diperlukan oleh manusia pada saat ini, karena bisa dibilang zaman sekarang ini kejujuran sudah mulai langka. Buktinya, banyak orang bahkan pejabat yang terkena kasus korupsi. Tak peduli dari mana pun, kejujuran adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Entah apa yang dipikirkan oleh orang-orang sehingga berlaku tidak jujur, padahal kejujuran memberikan manfaat dalam kehidupan. Berikut ini manfaat dari kejujuran seperti dilansir dari Betterworld4all.org.

1. Kejujuran membuat hidup jadi mudah

Ilustrasi hidup mudah (Pixabay)

Bila kita mau jujur dalam kehidupan sehari-hari, niscaya kita akan menjalani hidup dengan damai dan mudah. Beda halnya dengan orang yang terbiasa tidak jujur, mereka akan selalu merasa tak tenang dalam menjalani kehidupannya, karena takut suatu saat nanti kebohongannya akan terbongkar. Selain itu, ada banyak contoh orang yang hidupnya berantakan karena tidak jujur, seperti misalnya soal perceraian, atau kehilangan pekerjaan.

2. Kejujuran menunjukkan karakter kita

Ilustrasi karakter (Pixabay)

Jika kita berlaku jujur, maka orang akan melihat karakter kita sesuai dengan apa yang kita tunjukkan. Sementara bagi orang yang tak jujur, orang masih bertanya-tanya, apakah memang karakternya seperti yang dia tunjukkan, atau dia memiliki ‘topeng’ lain? Kejujuran membuat kita bisa tampil apa adanya sebagaimana karakter kita, tanpa perlu mengubah karakter dari orang lain.

3. Kejujuran membuat kita bebas

Ilustrasi bebas (Pixabay)

Bebas di sini maksudnya adalah kita tak perlu menyembunyikan sesuatu apa pun dari orang lain, karena memang tak ada yang perlu disembunyikan. Apa yang dilihat orang, maka itulah kita yang sebenarnya. Orang yang tak jujur cenderung tak bebas dalam menjalani kehidupannya, karena dia terus hidup dalam kepura-puraan, sehingga dia butuh batasan-batasan tertentu dalam bertindak agar kebohongannya tak terbongkar.

4. Kejujuran membuat kita disukai

Ilustrasi disukai (Pixabay)

Jika ditanya pada orang-orang, mereka akan memilih berteman dengan orang yang jujur atau tidak, bisa dipastikan sebagian besar yang ditanya itu akan memilih berteman dengan orang yang jujur. Pasalnya, orang yang jujur dianggap sebagai orang yang bisa diandalkan serta bertanggung jawab atas perkataannya. Hal itu pula yang membuat orang jujur dianggap sebagai orang yang kredibel dalam berbagai hal.

5. Kejujuran menjauhkan kita dari masalah

Ilustrasi jauh dari masalah (Pixabay)

Seperti disebutkan dalam poin pertama, ada beberapa contoh orang yang hidupnya berantakan. Sebabnya hanya satu, karena dia tak jujur. Dengan kata lain, ketidakjujuran bisa mendatangkan masalah. Untuk itulah, jika ingin jauh dari masalah, sebaiknya kita menjadi orang yang jujur. Meskipun nantinya orang yang jujur ini dihadang masalah, masalah itu akan bisa berlalu dengan cepat karena ada banyak orang yang membantunya.

Hidup Anda akan jadi lebih mudah jika Anda jujur, karena kejujuran tak terbatas pada satu tempat atau negara saja, namun juga berlaku di seluruh dunia.

Related posts

Bertegur Sapa yang Efektif

admin

Berbicara Persuasif yang Efektif

admin

Tips Kembangkan Pola Pikir Strategis

admin

Leave a Comment