Feeds

Navigator yang Solutif, Kunci Pemimpin Hebat

Pemimpin yang hebat selain memiliki tanggung jawab yang tinggi pada pekerjaannya, juga harus bisa mengarahkan dan membimbing bawahannya untuk bisa mencari serta mendapatkan solusi terhadap apa yang dikerjakannya. Karena itulah, untuk menjadi pemimpin yang hebat, maka dia harus memiliki skill problem solving yang mumpuni. Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang dilakukan oleh pemimpin hebat untuk bisa menyelesaikan masalahnya, seperti dilansir dari Forbes.com.

1. Komunikasi yang transparan

Ilustrasi komunikasi baik (Pixabay)

Komunikasi transparan adalah fondasi bagi sebuah tim untuk bisa menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Masalah akan sulit dicari solusinya jika ada salah satu anggota tim yang tak mengutarakan pendapatnya. Di sinilah peran pemimpin dibutuhkan. Pemimpin ini harus bisa meyakinkan bawahannya untuk selalu terbuka dan menjadi penengah jika ada perbedaan pendapat. Jika semua bawahannya sudah terbuka dan bekomunikasi secara transparan, maka mencari solusi untuk suatu permasalahan bukanlah hal yang sulit dilakukan.

2. Menempatkan diri setara dengan bawahannya

Ilustrasi setara (Pixabay)

Seorang pemimpin yang hebat menganggap dirinya setara dengan bawahannya, meskipun secara jabatan memang lebih tinggi. Dengan menganggap dirinya setara dengan bawahannya, bawahannya pun juga tak akan merasa canggung, atau bahkan takut untuk mengutarakan pendapatnya. Jika sudah berbaur dengan bawahannya, maka pemimpin dan bawahannya bisa bekerja sama lebih baik untuk mendapatkan solusi dari tiap permasalahan yang ada.

3. Selalu berpikiran terbuka

Ilustrasi berpikiran terbuka (Pixabay)

Seperti disebutkan pada poin pertama, pemimpin yang hebat bisa meyakinkan bawahannya untuk terus berpikiran terbuka. Tentunya, pemimpin itu sendiri juga harus memiliki pikiran yang terbuka. Pemimpin atau bawahan yang memiliki pemikiran tertutup akan sulit untuk diajak bekerja sama, dan bahkan sulit juga untuk mencari solusi permasalahan secara bersama-sama, karena mereka tak mau menerima masukan dari orang lain. Solusi akan datang jika pemimpin dan juga bawahannya mau bersikap terbuka, dan menerima segala masukan.

4. Menyusun strategi

Ilustrasi strategi (Pixabay)

Pemimpin yang hebat tahu cara mengumpulkan orang dan sumber daya yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal itu didapat dari pengalamannya. Untuk bisa mendapatkan solusi dari suatu permasalahan, tentunya dibutuhkan strategi yang baik, dan kemudian strategi itu harus dieksekusi dengan baik oleh pemimpin dan juga bawahannya. Pemimpin ini bertugas untuk mengawasi dan memastikan strateginya bisa berjalan dengan baik dan berhasil. Dengan kata lain, pemimpin yang hebat tak akan menebak-nebak, apalagi jika itu menyangkut masa depan perusahaan yang dia pimpin.

Sudahkah Anda melakukan keempat cara di atas? Jika sudah, maka Anda sudah termasuk sebagai pemimpin yang hebat.

Related posts

5 Tanda Anda Punya Jiwa Leadership yang Baik

admin

Yang Dilakukan Kandidat Terbaik Saat Interview Kerja

admin

Selain Gaji, Ini 5 Hal yang Disukai Milenial dari Kantornya

admin

Leave a Comment