Feeds

Pemimpin yang Bisa Membangun Kepercayaan

Menjadi seorang pemimpin sebaiknya bukan hanya bisa memerintah orang lain saja tanpa adanya kontribusi dari pemimpin itu sendiri. Jika begitu, maka dia hanya seorang bos, bukan seorang pemimpin. Untuk menjadi pemimpin yang baik, salah satunya dia harus bisa membangun kepercayaan dari bawahannya. Untuk bisa membangun kepercayaan, maka pemimpin itu haruslah transparan pada setiap masalah yang ada. Jika pemimpin sudah transparan, maka keuntungan yang akan didapat adalah sebagai berikut.

1. Masalah lebih cepat selesai

Jika ada masalah dalam pekerjaan, pemimpin yang transparan dan bisa membangun kepercayaan dari bawahannya akan lebih cepat menyelesaikannya. Kenapa? Karena pemimpin itu tidaklah sendirian dalam menyelesaikan masalahnya, dan akan dibantu oleh bawahannya yang percaya padanya. Seperti kata pepatah, pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dilakukan bersama-sama. Sebaliknya, pemimpin yang tak bisa membangun kepercayaan akan kesulitan menyelesaikan masalah karena tak ada yang membantunya.

2. Tim lebih solid

 

Tim yang solid berawal dari rasa percaya. Jika tak ada rasa percaya, maka tim akan selalu menaruh curiga pada rekan sesama timnya. Untuk itu, sebagai pemimpin, sebaiknya memberi contoh untuk menyelesaikan pekerjaan sebaik-baiknya dan selalu jujur, agar bisa menumbuhkan rasa percaya dari bawahan atau anggota tim lainnya. Dengan saling percaya, maka komunikasi antar anggota tim bisa lebih efektif, dan membuatnya menjadi tim yang solid, tanpa adanya masalah internal.

3. Hubungan lebih erat

 

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika seorang pemimpin sudah mampu membangun kepercayaan dan memiliki tim yang solid, bisa dipastikan dia akan memiliki hubungan kerja yang erat dengan bawahannya, dan tidak meng-eksklusifkan dirinya sendiri hanya karena jabatannya lebih tinggi. Berbeda halnya dengan pemimpin yang enggan untuk membangun kepercayaan dengan orang lain, pastinya pemimpin itu akan terlihat memiliki hubungan yang renggang dengan bawahannya.

4. Lebih produktif

Dampak positif lain dari pemimpin yang mampu membangun kepercayaan adalah bisa lebih produktif dalam pekerjaan. Seperti disebutkan dalam poin kedua, pemimpin yang bisa membangun kepercayaan akan mendapatkan tim yang solid, dan dari situlah mereka akan lebih produktif dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, bukan menjadi pekerja yang pasif. Pasalnya, tim yang solid akan lebih efektif dalam menyelesaikan suatu permasalahan, sebelum membuatnya menyebar ke masalah lainnya.

5. Lebih mudah mencapai visi dan misi bersama

Pastinya, dengan memiliki tim yang solid, pemimpin bersama bawahannya akan lebih mudah mencapai visi dan misi perusahaan atau organisasi. Mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa bekerja sama demi mencapai kesuksesan. Kalau pun ada hambatan, maka hambatan itu akan bisa diatasi karena dihadapi bersama-sama. Sementara pemimpin yang tak bisa membangun kepercayaan tentunya akan lebih sulit mencapai visi dan misinya karena kurangnya kerja sama di dalam tubuh perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya.

Kesimpulannya, untuk bisa mencapai kesuksesan, maka seorang pemimpin haruslah mau bekerja lebih keras untuk membangun kepercayaan dari bawahannya.

Related posts

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Oleh Manajer Baru

admin

3 Tips Interview untuk Jabatan Store Leader

admin

Tips Menjadi Pemimpin Pekerja Milenial

admin

Leave a Comment