Kepemimpinan Vs Manajemen, Mana yang Diutamakan?

Mungkin kita sering mendengar jabatan seseorang sebagai pemimpin, atau manajer. Mungkin juga ada beberapa orang yang menganggap bahwa pemimpin dan manajer itu sama. Padahal, pemimpin dan manajer itu memiliki perbedaan. Lalu, mana yang lebih utama, apakah kepemimpinan, atau manajemen?

Sebelum sampai pada jawaban pertanyaan itu, mari kita lihat dulu mengenai sedikit perbedaan mengenai pemimpin dan manajer. Secara garis besar, pemimpin adalah orang yang mampu memotivasi orang lain agar bisa mencapai satu tujuan, demi kepentingan bersama. Sementara itu, manajer adalah orang yang bertugas untuk mengatur dan mengkoordinasi orang lain agar bekerja dengan benar tanpa ada kendala.

Meski memiliki beberapa perbedaan dari segi job description-nya, namun ternyata kepemimpinan dan manajemen memiliki beberapa persamaan. Persamaannya terletak pada skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan manajer itu. Kedua profesi itu harus memiliki skill komunikasi, problem solving, serta tanggung jawab. Tanpa skill tersebut, seseorang tak akan menjadi pemimpin atau manajer.

Mungkin ada orang yang berpendapat bahwa kepemimpinan harus lebih diutamakan daripada manajemen. karena jika seseorang memiliki jiwa kepemimpinan, maka dia juga memiliki tanggung jawab untuk mengatur semua yang dilakukan rekan kerjanya. Dengan kata lain, seorang pemimpin secara otomatis akan memiliki tugas manajer. Namun ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Jadi, kembali ke pertanyaan awal, mana yang lebih utama, apakah kepemimpinan atau manajemen? Jawabnya adalah sama penting. Seorang manager harus mempunyai jiwa kepemimpinan dan seorang pemimpin harus memiliki kemampuan manajerial yang baik.

Jadi, sudah sepantasnya kita senantiasa mengasah kedua kemampuan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *