Lakukan Ini 15 Menit Sebelum Interview Kerja

Tahap wawancara kerja atau interview memang bisa membuat siapa pun gugup atau grogi, terutama ketika menunggu giliran kita dipanggil untuk masuk ke dalam ruang wawancara. Agar tidak gugup dan bisa melaksanakan tahap wawancara dengan baik, maka berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan 15 menit sebelum wawancara kerja.

1. Hindari mengecek smartphone

Ilustrasi cek smartphone (Pixabay)

Mungkin bagi beberapa orang, mengeceek smartphone merupakan cara terbaik untuk bisa mengisi waktu sebelum dipanggil masuk ke dalam ruang wawancara. Namun, ternyata mengecek smartphone sebelum wawancara justru akan membuat konsentrasi kita buyar, dan malah membuat kita jadi kurang fokus pada pertanyaan-pertanyaan penting.

2. Fokus pada pertanyaan yang mungkin ditanyakan

Ilustrasi pertanyaan (Pixabay)

Sebelum wawancara, tentunya kita sudah melakukan riset tentang pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan saat wawancara. Daripada mengecek smartphone, ada baiknya kita fokus pada pertanyaan yang mungkin ditanyakan, dan bagaimana cara menjawabnya dengan baik dan benar. Meski demikian, hal ini juga jangan dilakukan secara berlebihan, karena justru akan membuat kita justru berharap pertanyaan itu benar-benar muncul, sehingga ketika kita ditanya pertanyaan lain, kita jadi kurang siap dengan jawabannya.

3. Minum air

Ilustrasi air minum (Pixabay)

Mungkin terdengar sepele, namun meminum air putih sebelum melakukan wawancara bisa membuat kita lebih tenang dan mengurangi rasa gugup. Namun jangan terlalu banyak minum, karena itu bisa membuat kita justru ingin ke toilet untuk buang air kecil. Jika masih belum dipanggil mungkin tidak masalah, yang jadi masalah adalah kita ingin buang air kecil setelah berada di dalam ruang wawancara.

4. Mengobrol dengan orang sekitar

Ilustrasi ngobrol (Pixabay)

Daripada diam dan pikiran kita ke mana-mana, lebih baik kita mencoba untuk berinteraksi dengan orang yang ada di sekitar. Kita bisa ajak ngobrol sesama kandidat, atau bila tidak ada, kita bisa coba ajak ngobrol sekuriti atau resepsionis. Siapa tahu saja, kita akan mendapatkan ‘bocoran’ pada apa yang mungkin ditanyakan oleh pewawancara nantinya, sekaligus membuat kita jadi mengenal perusahaan tempat kita melamar dengan lebih baik.

5. Bercermin

Ilustrasi bercermin (Pixabay)

Mungkin saat di rumah, kita sudah yakin dengan penampilan kita. Namun, tak ada salahnya kita kembali bercermin di lokasi wawancara untuk memastikan apakah penampilan kita sudah benar. Bisa jadi penampilan kita akan sedikit berantakan selama perjalanan. Dengan mengecek kembali, kita bisa merapikan lagi penampilan kita agar lebih sempurna.

Jika kelima hal di atas sudah dilakukan, maka kita bisa menjadi sedikit lebih tenang dan lebih siap dalam menghadapi wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *