Dasep Suryanto
Feeds

Jurus Jitu Ubah Lingkungan Kerja Negatif Jadi Positif

Agar bekerja lebih efektif dan fokus, kita harus menciptakan lingkungan kerja yang positif. Pastinya, lingkungan kerja yang negatif akan membuat kita dan juga karyawan lain merasa tidak nyaman dalam bekerja, dan biasanya mereka akam resign saking tidak betahnya. Oleh karena itu, kita harus bisa mengubah lingkungan kerja negatif jadi positif. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Berpikir positif

Ilustrasi positif (Pixabay)

Tentu saja, agar bisa mengubah yang negatif jadi positif, pertama-tama harus dimulai dari diri sendiri. Kita harus memiliki pikiran positif setiap saat. Terkadang sebenarnya bukan lingkungan kerjanya yang negatif, tapi diri kita atau pikiran sendiri yang sudah negatif. Jadi, tanamkan mindset positif, kemudian dari situ kita bisa mulai menciptakan lingkungan kerja positif.

2. Selesaikan masalah bersama-sama

Ilustrasi kerja sama (Pixabay)

Lingkungan kerja yang negatif juga bisa timbul karena semua karyawannya lebih mementingkan egonya, bukannya saling bekerja sama untuk menyelesaikan suati masalah. Karena itulah, kita harus coba untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencari solusinya secara bersama-sama. Jika sudah terbentuk kekompakan dengan rekan kerja, maka lingkungan kerja negatif pun bukan tak mungkin berubah jadi positif.

3. Menjalin komunikasi dengan rekan kerja dan atasan

Ilustrasi komunikasi (Pixabay)

Seperti disebutkan dalam poin sebelumnya, agar bisa terbentuk lingkungan kerja positif, kita harus saling membantu dengan rekan kerja. Kita tak akan bisa bekerja sama dengan rekan kerja jika kita tak melakukan komunikasi dengan mereka. Tak hanya dengan rekan kerja, kita juga harus menjalin komunikasi positif dengan atasan, sehingga ‘tembok’ antara atasan dan bawahan bisa hilang dan terjalin komunikasi efektif.

4. Mengasah skill

Ilustrasi asah skill (Pixabay)

Lingkungan kerja negatif juga bisa muncul karena ketidakmampuan kita atau rekan kerja lainnya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dari ketidakmampuan kita itu, kemungkinan besar akan muncul pikiran negatif. Ditambah lagi rekan kerja lainnya juga mungkin memiliki pikiran negatif. Karena itulah, kita harus mengasah skill kita agar jadi lebih baik lagi, sehingga kita lebih siap dalam menghadapi masalah apa pun. Pekerjaan yang selesai tepat waktu memacu mood kita jadi lebih baik dan menjadi berpikir positif.

5. Cari akar masalah

Ilustrasi mencari akar masalah (Pixabay)

Jika kita sudah bisa menjadikan diri kita sosok yang lebih positif, namun lingkungan kerja masih negatif, berarti masalahnya bukan pada diri sendiri, namun berasal dari luar atau eksternal. Cari di mana akar atau sumber masalahnya. Jika memungkinkan, kita bisa mencoba untuk memperbaikinya, tentunya dengan bantuan rekan kerja lainnya. Setelah mengetahui sumber masalahnya, kita bisa diskusikan solusinya dengan rekan kerja. Diskusi ini secara tak langsung bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Semoga kita bisa terhindar dari lingkungan kerja yang negatif.

Related posts

Perbanyak Mendengar daripada Bicara

admin

3 Tips Interview untuk Jabatan Store Leader

admin

Agar Didengar Saat Berbicara

admin

Leave a Comment