Agar Tetap Semangat Saat Kerja di Bawah Tekanan

Setiap pekerjaan tentu ada tantangannya. Tidak ada pekerjaan yang tanpa tantangan. Setiap pekerjaan ada tuntutan dan target yang harus dicapai. Oleh karena itu, kemampuan bekerja di bawah tekanan sangat diperlukan oleh setiap pekerja. Dari kemampuan ini lah, Anda akan dinilai apakah sudah cukup tangguh dalam pekerjaan. Berikut adalah tips agar kamu tetap bersemangat saat bekerja di bawah tekanan.

1. Tenangkan Diri

Saat tengah menghadapi tekanan pekerjaan, coba Anda tenangkan diri sejenak. Rileks dan ambil nafas. Bisa juga kamu melakukan hal yang kamu sukai sejenak, misal mendengarkan lagu favorit atau melihat foto favorit. Sering-sering berlatih untuk melakukan ini. Sikap tenang dalam berbagai keadaan menunjukkan bahwa kamu mampu menyelesaikan tugas secara profesional, bahkan dalam keadaan sulit.

2. Fokus pada Tugas

Saat dalam kondisi ini, Anda lebih baik fokus pada tugas yang sedang dikerjakan, jangan fokus memikirkan hal berat yang dihadapi. Juga abaikan kemungkinan konflik atau gangguan lain yang mendatangi Anda. Jika Anda fokus pada apa yang kamu kerjakan, maka kamu dapat memecahnya menjadi langkah-langkah konkret yang efektif dan sesuai harapan.

3. Jadikan Tantangan Seru

Selain itu, Anda juga harus menciptakan mindset bahwa tekanan ini merupakan tantangan yang seru untuk dihadapi. Kebanyakan orang menganggap tuntutan kerja dan tekanan sebagai suatu hal yang mengerikan. Dan Anda harus membalikkan pikiran tersebut. Situasinya akan menjadi berbeda jika Anda melihat tekanan sebagai sebuah tantangan, sehingga bisa akan terpacu untuk memusatkan perhatian dan energi untuk mengerjakan tugas secara optimal.

4. Sharing dengan Rekan

Tekanan saat bekerja bisa membuat Anda kewalahan. Pada saat seperti ini, cobalah menganalisis situasi yang dihadapi dan Anda bisa bercerita atau meminta bantuan rekan kerja bila memang diperlukan. Saling berbagi cerita dengan rekan kerja juga memberikan sejumlah manfaat. Anda bisa menganalisis keadaan, berpikir dengan lebih realistis, serta mendapatkan masukan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Selain itu, rasa cemas dan stres pun akan berkurang

5. Ambil Kendali

Saat bekerja di bawah tekanan, ada hal-hal yang bisa Anda kendalikan dan ada juga yang tidak. Cobalah fokus untuk mengambil kendali atas faktor-faktor yang dapat dikendalikan sehingga Anda tidak semakin merasa gugup, cemas, atau bahkan tidak percaya diri.

Misalnya pada saat mengerjakan suatu project. Jangan memusatkan perhatian pada faktor yang tidak dapat dikendalikan seperti seberapa banyak hambatan dalam project tersebut. Fokuslah untuk mencari solusi yang tepat.

Nah, sekarang Anda bisa mencoba mempraktikan tips di atas agar Anda tetap bisa memberikan hasil cemerlang saat bekerja di bawah tekanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *