Dasep Suryanto
Feeds

Tetap Positif dan Bersaing Sehat di Lingkungan Kerja

Dalam lingkungan kerja, sudah menjadi hal yang biasa jika terjadi persaingan di antara karyawan. Tentunya, persaingan ini harus terjadi secara sehat, bukan persaingan tidak sehat yang justru membuat lingkungan kerja jadi negatif. Berikut ini adalah tips agar kita bisa tetap positif dan bersaing sehat di lingkungan kerja.

1. Fokus pada kinerja diri sendiri

Ilustrasi kinerja diri (Pixabay)

Agar bisa bersaing dengan sehat, kita harus fokus pada kinerja diri sendiri. Jangan sampai kita malah sibuk mencari kelemahan rekan kerja yang lain, yang justru membuat waktu terbuang percuma. Daripada sibuk mencari kelemahan, sebaiknya kita gunakan waktu kita untuk mengasah skill kita agar lebih baik lagi. Semakin baik skill kita, otomatis kemungkinan kita bisa menang bersaing secara sehat.

2. Jangan bekerja untuk menjatuhkan

Ilustrasi menjatuhkan (Pixabay)

Masih berhubungan dengan poin pertama, selain fokus pada kinerja, kita juga harus bekerja demi kemajuan perusahaan, bukan bekerja untuk menjatuhkan saingan atau rekan kerja lainnya. Bekerja demi perusahaan bisa membuat kita lebih nyaman dalam bekerja dan meminimalisir terjadinya konflik antar karyawan.

3. Hindari membawa urusan pribadi

Ilustrasi urusan pribadi (Pixabay)

Membawa urusan pribadi ke lingkungan kerja hanya akan membuat situasi makin runyam. Kita harus bisa pisahkan urusan pribadi dan urusan pekerjaan. Jika kita memang memiliki masalah pribadi dengan rekan kerja, jangan jadikan urusan pribadi itu sebagai alasan untuk bersaing dengannya, karena hal tersebut hanya akan menimbulkan konflik lainnya, yang bisa jadi lebih besar dari konflik sebelumnya.

4. Jangan membentuk geng

Ilustrasi geng (Pixabay)

Membentuk geng mungkin jadi hal yang biasa jika kita masih duduk di bangku sekolah. Jika sudah masuk lingkungan kerja, maka kita harus bisa menghindari yang namanya membentuk geng. Pasalnya, membentuk geng malah bisa membuat kita mengalami gesekan atau konflik dengan rekan kerja lainnya. Namun, lain soal jika membentuk geng ini untuk tujuan positif, seperti misalnya belerja sama untuk bisa menyelesaikan suatu masalah.

5. Meningkatkan intensitas komunikasi dengan rekan kerja

Ilustrasi komunikasi karyawan (Pixabay)

Konflik pada umumnya terjadi karena kurangnya komunikasi. Karena itulah, agar persaingan bisa terjadi secara sehat dan tak terjadi konflik, kita harus bisa menjalin komunikasi efektif dengan rekan kerja kita. Caranya antara lain adalah dengan menyapa rekan kerja kita, mengobrol dengan rekan kerja saat istirahat, atau makan bareng di luar jam kerja. Komunikasi efektif akan membuat persaingan bisa terjadi secara sehat, bukan saling menjatuhkan.

Semoga kita bisa selalu bersaing secara sehat dan positif di lingkungan kerja.

Related posts

Hindari Hal Ini, 4 Pemicu Gagalnya Komunikasi Bekerja

admin

Berani Ungkapkan Ide

admin

Kepemimpinan Vs Manajemen, Mana yang Diutamakan?

admin

Leave a Comment