Dasep Suryanto
Feeds

Cara Berbicara yang Intelek

Berbicara merupakan salah satu bentuk komunikasi. Tak hanya sebagai bentuk komunikasi dengan manusia lainnya, namun dari gaya berbicara seseorang, kita dapat mengetahui status sosialnya, apakah dia merupakan orang yang terpelajar atau tidak. Semakin baik gaya bicara seseorang, maka dia akan dianggap sebagai orang yang intelek. Berikut ini adalah cara berbicara yang baik agar kita bisa terlihat intelek di hadapan orang lain.

1. Bahasa tubuh yang tepat

Ilustrasi public speaking (Pixabay)

Tak hanya komunikasi verbal saja, namun kita juga akan terlihat intelek jika kita menggunakan bahasa tubuh yang tepat. Secara garis besar, bahasa tubuh yang digunakan saat berbicara bisa menunjukkan kepribadian kita. Karena itu, kita harus perhatikan bahasa tubuh kita ketika berbicara. Usahakan tubuh kita tegap dan rileks, karena dengan begitu kita akan memancarkan aura percaya diri, dan lebih terlihat intelek.

2. Pemilihan kata yang tepat

Ilustrasi bahasa (Pixabay)

Saat berbicara, usahakan menggunakan kata yang tepat. Hindari menggunakan kata yang tak masuk akal, apalagi sampai menggunakan kata yang kasar dan tidak sopan, karena hal itu justru akan membuat kita dinilai sebagai orang yang kurang terpelajar dan kurang intelek. Pemilihan kata yang kurang tepat juga bisa membuat lawan bicara kebingungan dan membuat kita terkesan kaku. Dampaknya, komunikasi pun jadi kurang efektif.

3. Berbicara lantang

Ilustrasi mikrofon (Pixabay)

Berbicara lantang di sini bukannya seperti membentak atau berteriak dengan nada tinggi. Berbicara lantang di sini maksudnya adalah lawan bicara bisa menangkap apa yang kita bicarakan dengan jelas. Berbicara dengan lantang dan jelas bisa memberikan kesan bahwa kita adalah orang yang percaya diri, dan lawan bicara juga akan tertarik dengan pembicaraan kita. Sebaliknya, jika suara kita kurang terdengar, kita akan dianggap sebagai orang yang kurang intelek dan kurang percaya diri.

4. Menggunakan intonasi

Ilustrasi vokal (Pixabay)

Intonasi juga penting saat kita berbicara. Jika kita menggunakan intonasi datar, kita akan dianggap seperti robot dan terkesan kurang intelek. Dengan menggunakan intonasi bicara yang tepat, lawan bicara akan tertarik dengan pembicaraan kita, dan mengesankan bahwa kita merupakan orang yang terpelajar. Kita bisa melatih intonasi bicara kita dengan cara merekam suara kita sendiri, dan cari bagian mana yang perlu kita perbaiki intonasinya.

5. Bahas topik yang kita pahami

Ilustrasi inovasi (Pixabay)

Tak ada gunanya membahas topik yang tak kita pahami, atau ikut-ikutan terjun ke topik pembicaraan yang bukan bidang kita. Bukannya terlihat intelek, justru dengan membahas topik yang tak kita pahami akan membuat kita terlihat kurang intelek dan kita akan dianggap sok pintar. Karena itulah, sebaiknya kita hanya terjun ke pembicaraan atau pembahasan topik yang sudah kita pahami. Selain terlihat intelek, kita juga bisa lebih percaya diri dalam berbicara.

Ternyata cara untuk bisa terlihat intelek saat berbicara tidaklah sulit. Selamat mencoba!

Related posts

5 Hal yang harus Dilakukan Supaya Lebih Sukses di 2018

admin

Ingin Jadi Atasan Terbaik? Lakukan 10 Cara Ini: Simpel Tapi Efeknya Dahsyat

admin

Etika Mengirim CV

admin

Leave a Comment