Karakter Pemimpin Dunia Masa Kini yang Patut Ditiru

Menjadi seorang pemimpin tentunya tak semudah kedengarannya. Banyak yang ingin menjadi seorang pemimpin, namun hanya ingin mengejar kekuasaannya saja. Padahal, menjadi seorang pemimpin sejati bukanlah hanya soal kekuasaan saja, namun ada tugas berat di balik itu semua. Agar kita bisa menjadi pemimpin sejati, berikut ini adalah beberapa karakter pemimpin dunia yang patut kita tiru.

1. Sifat jujur

Tentu saja, karakter dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sejati adalah kejujuran. Bila pemimpin sudah tak jujur, maka dia pun tak akan dipercaya lagi oleh bawahannya. Salah satu pemimpin yang dikenal jujur adalah Mohammad Hatta, atau Bung Hatta, yang merupakan Wakil Presiden Indonesia pertama. Bung Hatta dikenal sebagai sosok yang jujur, terutama dalam menggunakan fasilitas negara. Misalnya, Bung Hatta selalu mengembalikan sisa uang untuk kunjungan ke luar negeri. Menurutnya, sisa uang itu harus kembali ke negara. Kejujuran seperti itulah yang harusnya dimiliko oleh pemimpin.

2. Percaya diri

Pemimpin tak akan ada artinya tanpa bawahan. Karena itulah, pemimpin harus memiliki rasa percaya diri, sehingga bawahan pun yakin akan kualitas pemimpinnya. Jika pemimpinnya sendiri sudah ragu akan kualitas dirinya, maka bawahannya juga pasti akan ragu untuk mengikuti perintahnya. Contoh pemimpin yang percaya diri adalah Emmanuel Macron, Presiden Prancis. Dia merupakan presiden Prancis termuda dalam sejarah Prancis. Meski masih muda, Macron membuktikan bahwa usia bukanlah halangan untuk sukses. Selain menjadi presiden, dia juga diketahui merupakan bankir yang sukses. Ini membuktikan bahwa dia merupakan orang yang percaya diri. Tanpa rasa percaya diri, dia tak akan terjun ke dunia politik, dan meraih banyak dukungan.

3. Sosok inspiratif

Tak hanya untuk diri sendiri, pemimpin sejati adalah pemimpin yang memberikan inspirasi untuk orang lain. Memang banyak pemimpin dunia yang inspiratif, salah satunya adalah Halimah Yacob, Presiden Singapura. Tak hanya menjadi presiden Singapura pertama yang berjenis kelamin perempuan, namun Halimah Yacob juga menjadi presiden Singapura muslimah pertama selama sejarah pemerintahan Singapura. Yang menjadikan sosoknya inspiratif adalah dia bermula menjadi penjual Nasi Padang. Meski demikian, dia tetap berpikiran positif dan terus maju menuju kesuksesan. Kita patut meniru karakter dari Halimah Yacob ini.

4. Komitmen penuh

Pemimpin juga harus komitmen akan tugasnya sehingga mampu menuju kesuksesan bersama. Sosok pemimpin dunia yang penuh komitmen salah satunya adalah Nelson Mandela, yang dikenal sebagai Presiden Afrika Selatan. Sejak sebelum menjadi presiden, Nelson Mandela sudah berkomitmen untuk menciptakan perdamaian dunia. Dialah yang berjasa menghapus politik apartheid. Bahkan dia pernah menerima Nobel Perdamaian. Setelah menjadi presiden, dia mencurahkan segalanya untuk rakyatnya, salah satunya adalah dengan memotong gajinya demi kesejahteraan rakyat.

5. Bertanggung jawab

Pemimpin sejati adalah pemimpin yang mau bertanggung jawab atas segala yang dia lakukan dan putuskan. Pemimpin dunia yang dikenal bertanggung jawab secara penuh atas segala tugasnya adalah Enrique Pena Nieto, yang menjabat sebagai Presiden Meksiko. Pada awal kepemimpinannya, dia dinilai tak bisa melakukan tanggung jawab sebagai presiden. Namun memasuki tahun kedua, negara Meksiko terbukti jadi lebih baik dari berbagai aspek, mulai dari politik, ekonomi, pendidikan, sampai menekan angka kriminal. Itu semua karena dia melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Semoga kita bisa memiliki karakter pemimpin dunia di atas, sehingga kita bisa menjadi seorang pemimpin sejati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *