Feeds

Agar Message Komunikasi Tidak Ditolak

Komunikasi jelas menjadi satu bagian yang penting dalam kehidupan. Tanpa adanya komunikasi, kita tak akan bisa berinteraksi dengan orang lain. Bentuk komunikasi, seperti yang sudah diketahui, terdiri dari komunikasi verbal dan non verbal. Keduanya saling mendukung dan saling memperkuat, sehingga tercipta komunikasi efektif. Dari komunikasi efektif itulah, message atau pesan yang ingin kita sampaikan tak akan ditolak oleh lawan bicara. Lalu, bagaimana caranya agar pesan yang kita sampaikan tidak ditolak oleh lawan bicara? Berikut ini beberapa caranya.

1. Bukan penyalur suara

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang terjadi dua arah. Komunikasi akan berjalan kurang efektif jika salah satunya hanya terus berbicara tanpa lawan bicaranya bisa menangkap pesan yang dimaksud. Intinya, lawan bicara harus diatur sedemikian rupa sehingga komunikasi bisa terjalin dan lawan bicara bisa merasakan manfaatnya. Dengan begitu, komunikasi tak akan ditolak oleh lawan bicara.

2. Penyalur manfaat

Saat berkomunikasi, kita tak bisa langsung menyampaikan keinginan kita. Komunikasi efektif terjadi jika kita tak egois, dan lebih mengutamakan keinginan atau kepentingan lawan bicara. Jangan sampai lawan bicara justru merasa diabaikan, karena bisa jadi komunikasi yang kita lakukan akan tertolak oleh lawan bicara. Jadi, utamakan lawan bicara, baru kita bisa sampaikan maksud kita, dengan begitu lawan bicara akan mendapat manfaat dari kita.

3. Jadi pendengar yang baik

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, salah satu cara kita mementingkan lawan bicara adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Komunikasi akan berjalan lebih lancar jika kita memiliki rasa empati terhadap orang lain. Dengan empati, antara kita dan lawan bicara akan saling menguntungkan. Jika kita mau mendengarkan lawan bicara, sudah pasti nantinya lawan bicara akan mendengarkan kita.

4. Menjawab kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing dalam menjalin komunikasi, seperti misalnya ingin didengarkan keluhannya, ingin dihargai, atau diperhatikan. Kita harus bisa memenuhi atau menjawab kebutuhan tersebut, sehingga timbal baliknya terhadap kita juga akan jadi positif. Dengan begitu, komunikasi pun akan terjalin dengan efektif dan lancar tanpa hambatan.

Itulah beberapa cara menjalin komunikasi dengan efektif sehingga message kita sampaikan tak akan ditolak lawan bicara. Ingin tahu lebih lanjut tentang strategi komunikasi yang efektif? Silakan baca buku “Effective Leadership Communication”, yang bisa didapatkan di toko buku Gramedia terdekat di kota Anda.

Related posts

Memotivasi Diri di Masa Sulit

admin

Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Saat Bekerja

admin

Menciptakan Diskusi yang Sehat

admin

Leave a Comment