Feeds

Ketika Keliru di Kantor, Lakukan Hal Ini

Manusia memang tak bisa luput dari kesalahan, sehingga wajar saja jika manusia kerap melakukan kesalahan, asalkan tidak terlalu sering dan seseorang itu bisa memperbaiki kesalahannya di masa depan. Urusan kantor yang sudah biasa kita hadapi pun bisa saja kita melakukan kesalahan. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika kita melakukan kesalahan atau kekeliruan di kantor? Tak perlu panic, karena kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini ketika keliru di kantor.

1. Mengakui kesalahan

Tak ada gunanya jika mengelak atau beralasan jika kita memang melakukan kesalahan. Yang ada kita malah makin dimusuhi, dan membuat kita jadi tak nyaman dalam bekerja. Solusi terbaik, adalah kita mengakui kesalahan kita. Dengan begitu kita akan terkesan bijak dan dewasa. Soal akan dimarahi, bisa nanti dulu. Bila kita berhasil memperbaiki kesalahan kita, maka orang yang memarahi kita pun akan berbalik jadi salut dengan kita.

2. Jangan menghindar

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, bukan tak mungkin kesalahan yang kita lakukan berdampak pada orang lain atau rekan kerja kita. Umumnya, jika kita melakukan kesalahan pada seseorang, kita cenderung menghindari orang tersebut. Agar tak memperburuk keadaan, ada baiknya kita hadapi orang yang menjadi ‘korban’ karena kesalahan kita. Minta maaflah padanya secara langsung, dan berusahalah untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita lakukan. Setelah itu, jangan sampai kita melakukannya lagi.

3. Tetap fokus bekerja

Bila kita melakukan kesalahan, biasanya yang kita lakukan adalah memperbaiki kesalahan kita dulu baru menyusul menyelesaikan pekerjaan kita. Melakukan hal tersebut ternyata salah. Seandainya kita berusaha memperbaiki kesalahan dulu, maka waktu kita untuk menyelesaikan pekerjaan kita akan berkurang. Alhasil, atasan kita pun akan menilai kinerja kita kurang baik karena dianggap menunda pekerjaan. Jika sudah begitu, maka kita justru melakukan kesalahan dua kali. Karena itu, kita tetap fokus dengan pekerjaan kita, sambil kita berusaha memperbaiki kesalahan.

4. Konsultasi ke rekan kerja

Saat melakukan kesalahan, tak ada ruginya jika mengkonsultasikan hal tersebut pada rekan kerja kita yang lain dan meminta sarannya. Kita bisa meminta saran dari rekan kerja yang seangkatan, atau lebih baik lagi jika kita meminta saran pada rekan kerja yang lebih senior. Mungkin saja mereka pernah melakukan kesalahan yang sama seperti kita, dan bisa jadi mereka punya solusi yang tepat untuk kita lakukan.

5. Jangan sulit dihubungi

Sulit dihubungi ketika kita melakukan kesalahan justru akan membuat kondisi makin rumit. Karena itulah, bersikaplah seperti biasa, dan usahakan untuk merespon semua komunikasi yang masuk, entah dari atasan atau rekan kerja. Hal itu merupakan kesempatan kita untuk memperbaiki kesalahan kita. Jika tak direspon, orang lain malah akan memiliki persepsi buruk terhadap kita.

Jadi, jika melakukan kesalahan, jangan lupa untuk melakukan beberapa poin di atas sehingga orang lain tak memusuhi kita dan kita bisa bekerja dengan nyaman.

Related posts

Bahasa Tubuh yang Menunjang Public Speaking

admin

Profesi-profesi Baru dalam Revolusi Industri 4.0

admin

Mindset Pemimpin Hebat

admin

Leave a Comment