Feeds

Kunci Sukses Pemimpin Era Revolusi Industri 4.0

Zaman serba digital seperti sekarang ini, atau yang disebut dengan era revolusi industri 4.0, membuat segala sesuatunya terhubung dengan internet. Contohnya, kini untuk membeli sesuatu, kita tak perlu lagi datang langsung ke tokonya, karena sudah ada di internet lewat toko online. Hal ini juga berdampak pada kepemimpinan seseorang untuk bisa mempertahankan perusahaannya agar tak kalah saing dengan perusahaan lain. Agar bisa sukses di era revolusi industri 4.0, berikut ini kunci sukses yang harus dimiliki pemimpin.

1. Mampu memberikan arahan yang jelas

Seorang pemimpin di era revolusi industri 4.0 harus bisa mengarahkan bawahan atau perusahaannya agar bisa mencapai tujuan bersama. Tujuan inilah yang harus dideskripsikan dengan jelas, jangan sampai bawahan justru salah paham dengan tujuan tersebut. Tak hanya visi perusahaan, pemimpin juga harus memiliki visi yang lebih besar dari itu, demi mencapai kesuksesan. Pemimpin juga harus bisa mengarahkan bawahannya untuk mengikuti perkembangan zaman sehingga tak ketinggalan.

2. Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat

Sebagaimana kini kita bisa berkomunikasi dengan cepat, dan juga cepatnya sebuah berita tersebar ke mana-mana berkat adanya media sosial, maka pemimpin juga harus bisa cepat dalam mengambil keputusan. Terlambat selangkah saja, maka kesuksesan juga bisa tertunda dan kalah dari pesaing lainnya. Tentunya, pengambilan keputusan selain cepat juga harus tepat, agar tak ada waktu terbuang percuma hanya untuk memperbaiki kesalahan. Saat kita sibuk memperbaiki kesalahan, pesaing tentunya sudah maju lebih dulu.

3. Mampu memilih tim yang tepat

Seperti disebutkan dalam poin pertama, pemimpin di era revolusi industri 4.0 sekarang ini harus bisa mengarahkan bawahannya, dan mampu membentuk tim yang tepat sesuai dengan arahan pemimpin. Anggota tim yang sudah dipilih haruslah pula melek teknologi. Selain itu, pemimpin juga harus bisa membuat bawahannya loyal, mengingat zaman sekarang bisa dibilang para pekerja lebih mudah bosan dan suka berganti pekerjaan.

4. Mampu beradaptasi dengan perubahan zaman

Tak hanya bawahan saja, pemimpin juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. Bila tak sanggup mengikuti perkembangan zaman atau tak bisa menerima perubahan, maka bisa dipastikan akan ketinggalan dan kalah bersaing. Kini semuanya sudah serba teknologi, yang mungkin akan sulit diikuti oleh generasi tua. Pemimpin harus pandai-pandai membimbing bawahannya, serta mau menerima feedback dari bawahan agar tidak tertutup pada teknologi.

5. Mampu membaca situasi

Pemimpin di era revolusi industri 4.0 juga harus pandai membaca situasi. Tentunya akan sulit menggapai kesuksesan jika hanya mengandalkan teknologi lama. Karena itulah, sebagai pemimpin yang pandai membaca situasi, dia harus segera menggunakan teknologi termutakhir, dan meninggalkan metode lama. Selain bisa mengikuti perkembangan zaman, kesuksesan pun bisa digapai. Jangan sampai menjadi pemimpin yang ‘batu’, yang hanya mau menggunakan teknologi lama yang dia kuasai, tanpa mau belajar teknologi baru.

Itulah kunci sukses pemimpin era revolusi industri 4.0. Semoga bermanfaat.

Related posts

Ketika Keliru di Kantor, Lakukan Hal Ini

admin

Cara Bersikap Profesional

admin

Esensi Belajar

admin

Leave a Comment