Feeds

24 Jam Sehari Terasa Kurang? Ini Trik Mengatur Waktu Efektif

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa waktu 24 jam sehari terasa kurang. Sebenarnya, bukan jamnya yang kurang, tapi kita sendiri yang kurang mampu untuk mengatur waktu, sehingga waktunya habis untuk melakukan hal yang tak terencana dengan baik. Agar penggunaan waktu lebih efektif, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa dilakukan.

1. Membuat catatan kegiatan

Agar lebih teratur, sebaiknya kita membuat catatan kegiatan. Catatan kegiatan ini berisikan kegiatan kita tiap 15 menit dalam sehari. Lakukan hal ini selama 2 minggu, dan kemudian kita bisa evaluasi kegiatan mana yang terlalu banyak menghabiskan waktu. Dengan begitu, kita bisa mengira-ngira untuk mengurangi waktu untuk kegiatan yang menguras banyak waktu. Intinya, jangan sampai ada waktu yang habis hanya karena mengerjakan satu kegiatan saja.

2. Menentukan prioritas

Setelah menyusun catatan kegiatan, berikutnya kita bisa memilah-milah kegiatan kita berdasarkan prioritas. Level prioritas itu terdiri dari penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak, dan tidak penting-tidak mendesak. Kita harus fokus pada kegiatan yang penting, baik itu mendesak atau tidak, karena kegiatan penting biasanya paling banyak memakan waktu. Jika kita tahu prioritas kegiatan kita selama sehari, maka kita bisa mengatur waktu lebih efektif.

3. Jangan menunda pekerjaan

Biasanya waktu jadi terbuang percuma karena kita sering menunda-nunda pekerjaan kegiatan, entah itu pekerjaan kantor, atau pekerjaan rumah. Semakin lama ditunda, maka waktu akan semakin cepat habis. Karena itulah, kita harus menghentikan kebiasaan menunda-nunda, dan segera kerjakan apa yang bisa dikerjakan. Dengan begitu, kita jadi masih punya waktu untuk melakukan kegiatan lainnya. Kebiasaan untuk tidak menunda-nunda ini selain bisa membuat waktu lebih efektif, juga ternyata bisa membuat kita lebih dekat dengan kesuksesan.

4. Set barang dengan teratur

Mungkin kita menganggap bahwa tidak ada hubungannya antara waktu yang habis dengan merapikan barang agar tertata dan teratur. Padahal, anggapan itu keliru. Dengan merapikan barang, kita jadi tahu di mana lokasi benda-benda milik kita, terutama benda yang penting, seperti kunci motor atau mobil, bahkan kunci rumah. Bila kita terbiasa berantakan, kita bisa lupa di mana letak benda penting itu, dan waktu kita akan habis hanya untuk mencari barang tersebut.

5. Fokus selesaikan pekerjaan satu persatu

Kita harus sadar bahwa kita adalah manusia yang memiliki keterbatasan. Janganlah merasa mampu lalu kemudian melakukan semua pekerjaan sekaligus atau multitasking. Mungkin kita menganggap bahwa dengan multitasking bisa lebih menghemat waktu. Salah. Melakukan multitasking justru menghilangkan fokus kita, dan waktu kita akan habis untuk mengembalikan fokus kita dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Karena itulah, selesaikan pekerjaan satu persatu. Jika pekerjaan yang satu sudah selesai, barulah kita beralih ke pekerjaan lainnya.

Semoga kita jadi bisa lebih pandai dalam mengatur waktu, sehingga tak ada lagi anggapan bahwa waktu 24 jam dalam sehari terasa kurang.

Related posts

Pentingnya Senyuman dalam Berkomunikasi

admin

Sukses Berkarier Ditentukan oleh 85% Attitude dan 15% Tech Skill

admin

Etika dalam Bekerja yang Patut Anda Lakukan

admin

Leave a Comment