Feeds

Attitude Tidak Kalah Penting Dibanding Skill

Bagi yang baru memasuki dunia kerja, bisa jadi memiliki anggapan bahwa skill adalah segalanya. Memang, anggapan itu tidaklah keliru, namun, ada yang lebih penting dibandingkan dengan skill, yaitu attitude atau sikap kita terhadap orang lain. Kenapa attitude lebih penting dibanding skill? Alasannya adalah skill bisa dipelajari lebih lanjut, sementara attitude tergantung dari individu itu sendiri, dan tak bisa dipelajari. Berikut ini adalah beberapa attitude penting dibanding skill yang harus dimiliki seseorang.

1. Rasa simpati

Rasa simpati seseorang merupakan hal yang memang sudah ada di dalam diri seseorang, dan bukan merupakan hal yang bisa dipelajari. Jika seseorang memiliki rasa simpati terhadap orang lain, maka dia akan berusaha sebaik mungkin agar bisa membuat orang lain senang. Misalnya seperti teman kita merasa sedih karena kehilangan pekerjaannya, maka kita sebagai manusia bisa menghiburnya, agar dia tak sedih lagi. Sayangnya, tak semua orang memiliki rasa simpati ini.

2. Rasa empati

Selain simpati, seseorang juga harus memiliki empati, atau bisa merasakan yang orang lain rasakan. Misalnya seseorang sedang mengalami titik terendah dalam hidupnya, jika kita memiliki empati, maka kita bisa merasakan apa yang sedang dia rasakan. Dengan kata lain, kita mampu menempatkan diri kita pada seseorang itu, dan bagaimana rasanya jika kita menjadi dia. Lagi, sama seperti simpati, tak semua orang memiliki empati, dan empati bukanlah hal yang bisa dipelajari.

3. Rasa terima kasih

Bisa jadi rasa terima kasih dianggap merupakan hal yang sepele, namun ternyata memiliki rasa terima kasih merupakan hal yang penting, dan lebih penting dibandingkan skill. Orang yang memiliki rasa terima kasih tentunya akan berusaha menjaga kepercayaan orang lain, apalagi jika orang lain itu merupakan orang yang berjasa dalam hidupnya. Sebaliknya, jika seseorang tak memiliki rasa terima kasih, maka dia akan cepat lupa pada kebaikan orang lain, dan hal ini bisa berdampak buruk pada komunikasi antar personal.

4. Sikap sabar

Banyak orang yang memang memiliki sikap sabar, namun tak sedikit pula orang yang tak memiliki kesabaran tinggi, sehingga amarahnya mudah meledak. Sikap ini juga bukan satu hal yang bisa dipelajari, karena kesabaran itu tumbuh dalam diri seseorang, dan tiap orang memiliki tingkat kesabaran yang berbeda-beda. Bayangkan, jika seseorang memiliki skill mumpuni, namun dia tak sabar, maka pekerjaan yang dilakukannya bisa jadi kurang memuaskan.

5. Berjiwa besar

Sikap terakhir yang harus dimiliki seseorang dibandingkan skill adalah berjiwa besar. Berjiwa besar di sini maksudnya adalah mampu mengakui kesalahan, atau pun mau memaafkan kesalahan orang lain yang dilakukan padanya. Skill yang mumpuni tentunya harus disertai dengan jiwa besar dari orang itu sendiri. Jika tidak, yang timbul hanyalah perselisihan karena seseorang itu menganggap dirinya benar dan tak mau mengalah.

Jadi, kita sudah tahu alasan kenapa attitude lebih penting dari skill yang dimiliki seseorang. Semoga kita bisa memiliki semua attitude di atas, dan juga menguasai skill yang diperlukan dalam pekerjaan kita.

Related posts

5 Jurus Jitu Para Salesman Handal yang Bisa Anda Terapkan di Pekerjaan Anda

admin

Kebiasaan Ini Harus Dilakukan Jika Ingin Usaha Ritelnya Sukses

admin

Lakukan 5 Kebiasaan Positif Ini Agar Jenjang Karier Anda Cepat Melesat

admin

Leave a Comment