Feeds

Pilih Tawaran Pekerjaan Baru atau Naik Jabatan? Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Dalam dunia kerja, terkadang terjadi dilema yang dialami oleh para karyawan. Dilemanya adalah mencari pekerjaan lain dan mendapatkan tawaran yang lebih menarik, namun mendadak ada kabar bahwa mereka akan mendapatkan promosi atau naik jabatan. Dalam kondisi seperti ini, lebih baik pilih mana? Apakah lebih baik terima pekerjaan baru, atau bertahan di pekerjaan lama namun dengan jabatan lebih tinggi? Berikut ini adalah pertimbangan yang bisa dipikirkan untuk menjawab pilihan tersebut.

1. Pekerjaan mana yang lebih disuka

Tentunya, ini harus menjadi salah satu pertimbangan utama, bila bukan yang paling utama. Bekerja adalah soal kenyamanan dan apakah kita suka melakukannya atau tidak. Bila kita memang menyukai pekerjaan yang lama, maka kita bisa memilih pekerjaan lama kita, karena pekerjaan baru belum tentu kita nyaman menjalaninya, dan belum tentu kita suka melakukan pekerjaan yang ditawarkan. Begitu pula sebaliknya, bila kita memang lebih menyukai tawaran pekerjaan baru, maka pilihlah pekerjaan baru itu, dan tinggalkan pekerjaan lama kita.

2. Pilih yang bisa membuat kita berkembang

Selain masalah suka atau tidak suka, kita juga harus pertimbangkan pekerjaan mana yang bisa membuat kita lebih berkembang, pasalnya bekerja itu bukanlah jangka pendek, namun jangka panjang. Untuk itu, kita harus pikirkan juga bagaimana nasib kita ke depannya. Bila kita merasa bisa lebih berkembang di pekerjaan yang baru, maka kita bisa ambil pekerjaan barunya. Sementara jika dirasa di pekerjaan lama kita bisa berkembang seiring dengan kenaikan jabatan, maka kita bisa tetap bertahan di pekerjaan yang lama.

3. Mana yang bisa membuat kita tertantang

Berikutnya yang perlu kita pertimbangkan adalah pekerjaan mana yang bisa membuat kita merasa tertantang. Tantangan itu bisa datang dari mana saja, entah itu dari rekan kerja kita yang memberikan pandangan dan pengalaman hidup berbeda, atau dari pekerjaan itu sendiri. Tentunya, dengan adanya tantangan, kita bisa merasakan kepuasan bekerja yang lebih tinggi jika berhasil melaluinya. Dari dua pilihan, yaitu pekerjaan baru dan juga jabatan baru, kira-kira pekerjaan mana yang bisa memberikan kita kepuasan bekerja? Keputusan ada di tangan kita sendiri.

4. Pilih yang sejalan dengan tujuan kita

Kita pastinya juga memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam bekerja. Namun, bila tujuan itu tak kunjung tercapai, maka semua usaha kita akan sia-sia. Percuma saja memiliki proyek bernilai tinggi, atau bisa bekerja sama dengan rekan kerja terbaik, namun visi dan misi perusahaan ternyata tak sejalan dengan visi dan misi kita sendiri. Alhasil, kita jadi tak nyaman dalam bekerja, sehingga kinerja kurang maksimal. Kita bisa memilih pekerjaan baru bila ternyata memang sesuai dengan tujuan kita, dan bisa juga kita memilih untuk tetap di perusahaan lama dan naik jabatan, jika memang itu tujuan kita.

5. Pekerjaan mana yang bisa memberikan kita kesempatan berkontribusi

Terakhir, kita juga perlu pertimbangkan pekerjaan mana yang bisa memberikan kita kesempatan untuk berkontribusi. Bila di pekerjaan lama dirasa kita kurang berkontribusi, meskipun kita naik jabatan, maka mungkin sudah saatnya kita berganti ke pekerjaan lain. Namun, jika kita mendapat tawaran pekerjaan baru, namun dirasa kurang cocok dan kita tak bisa berkontribusi banyak, maka lebih baik kita bertahan di pekerjaan lama, dan mendapatkan promosi jabatan.

Semoga 5 hal di atas bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih, apakah ingin bekerja di tempat baru, atau naik jabatan di pekerjaan yang lama.

Related posts

Anda Karyawan Bermasalah?

admin

Tips Sukses dari Orang Sukses

admin

Trik Menemukan Kesamaan Pandangan Agar Komunikasi Efektif

admin

Leave a Comment