Ideas

5 Buku Leadership Wajib Baca di 2020

Bukan cuma dituntut memiliki hard skill di zaman sekarang ini setiap orang juga diharapkan memiliki soft skill yang mumpuni. Nah salah satu soft skill yang penting dimiliki oleh tiap orang adalah leadership (kepemimpinan)

Dengan leadership yang baik tiap individu dipercaya bisa memberikan output  memuaskan. Mereka yang memiliki jiwa leadership biasanya mampu berkomunikasi, bertanggung jawab, dan menangani masalah dengan baik.

Namun memiliki kemampuan leadership tentu tidak diraih secara instan. Selain butuh latihan secara langsung kualitas kepemimpinan dapat ditingkatkan lewat membaca 5 buku berikut:

1. Your Job is not Your Career (René Suhardono)

Bukan cuma communication skill saja seorang pemimpin jelas harus mengenal dirinya sendiri secara baik. Mulai dari tujuan hidup, target, kelebihan, dan kekurangan yang ada dalam dirinya.  Dengan pemahaman diri secara utuh seseorang akan bisa menjadi nahkoda mencapai visi dan misinya.

Buku tulisan Rene Suhardono dapat menjadi awalan untuk membuat kita memahami siapa diri kita. Ditulis dengan bahasa yang menyenangkan dan mudah dicerna di buku ini kita diajak mengetahui apa keinginan dan potensi dalam diri yang mungkin selama ini masih tersembunyi.

2. Filosofi Teras (Henry Manampiring)

Tingginya tuntutan hidup sudah tentu akan memberikan tekanan. Akibatnya kita pun jadi mudah merasa stres. Perasaan seperti ini jika dibiarkan terus menerus tentu akan mempengaruhi kualitas diri. Kita pun jadi susah fokus mencapai tujuan dalam hidup.

Sebuah buku berjudul ‘Filosofi Teras’ dapat membantu melewati perasaan ini. Tulisan seorang Henry Manampiring bisa menginspirasi mengendalikan energi negatif yang ada dalam diri sehingga kita dapat selalu positif menjawab setiap tantangan.

3. Effective Leadership Communication (Dasep Suryanto)

Salah satu kunci menjadi pemimpin yang sukses adalah kemampuan berkomunikasi. Bukan cuma berbicara, seorang pemimpin harus bisa mengirim pesan (message) untuk dipahami oleh bawahan, rekan bisnis, atau bahkan atasannya guna mencapai kesepakatan.

Melalui buku ini kita bisa belajar banyak dari seorang Dasep Suryanto untuk bisa berkomunikasi secara efektif. Menyampaikan pendapat, memberikan kritik, sampai melakukan negoisasi yang tentunya akan berguna bagi profesional, pemimpin bisnis, dan kalangan umum lainnya.

4. Bicara Itu Ada Seninya (Oh Su Hyang)

Melengkapi bacaan mengenai kemampuan komunikasi bagi seorang pemimpin buku berjudul Bicara Itu Ada Seninya dapat menjadi pilihan. Pakar komunikasi asal Korea Selatan itu membagikan cara menjadi seorang komunikator yang baik. Apa yang harus dilakukan jika ingin perkataan kita didengar semuanya dikupas dengan baik melalui buku karyanya ini. Menariknya tips dan trik yang dibagikan dalam buku tersebut tidak hanya bisa diterapkan di level profesional tapi juga personal.

5. Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan (Angela Duckworth)

Menjadi sukses sudah tentu jadi keinginan banyak pemimpin. Tapi sayangnya untuk mencapai hal tersebut tidak semudah membalikkan tangan. Ada resep rahasia yang harus dimiliki guna mencapai hal tersebut. Dalam buku ini seorang  Angela Duckworth seorang psikolog membagikan kiat sukses yakni dengan cara memadukan hasrat (passion ) kegigihan (perseverance) yang ia sebut ketabahan  (grit) yang ternyata jadi kunci banyak orang mencapai keberhasilan.

Related posts

Never Give Up

admin

Bagaimana Menyikapi Motivasi Kerja yang Menurun

admin

Mau Sukses ? Tiru yang 90%….

admin

Leave a Comment