Feeds

Strategi Komunikasi TSM: Terstruktur, Sistematis, Mengalir

Semua orang bisa berkomunikasi, tapi tidak semua orang bisa berkomunikasi secara efektif. Komunikasi dikatakan efektif jika pesan yang disampaikan bisa diterima pendengar bahkan hingga membuat si pendengar tergerak oleh pesan tersebut. Nah, lantas bagaimana supaya komunikasi bisa diterima pendengar? Kuncinya, dengab berkomnunikasi secara TSM. Terstruktur, Sistematis dan Mengalir.

Terstruktur di sini artinya apa yang kita sampaikan tertata dengan baik dari awal, tengah dan akhir. Misalnya ketika kita ingin menyampaikan
kebijakan terkait target penjualan. Maka supaya pendengar bisa menerimanya, maka harus dilakukan secara terstruktur.

Terstruktur bisa dimulai dengan memberikan data-data history pencapaian sebelumnya beserta analisa perusahaan. Selain itu, bisa juga menampilkan
landscape market dan road map perusahaan. Baru kemudian, pada bagian akhirnya, menyampaikan targetnya.

Sistematis berarti apa yang diucapkan dari awal hingga akhir saling berkaitan. Masih terkait contoh target penjualan di atas,
dengan adanya keterkaitan antara history pencapaian hingga target di periode berikutnya, maka komunikasi tersebut sudah dikatakan sistematis.

Selain itu, komunikasi efektif yang bisa diterima pendengar juga harus disampaikan secara mengalir. Lancar diucapkan, tidak berbelit-belit.
Pembicara menyampaikannya dengan santai dan tenang.

Untuk bisa santai dan tenang, pertama-pertama, berdasarkan Neuro Linguistics Programming (NLP), harus bisa melakukan pacing (penyesuaian)
dan leading (mengarahkan).

Pacing berarti, pembicara harus bisa membangun chemistry dengan pendengar dengan body language dan sikap yang bersahabat. Dan kemudian
jika sudah terbentuk hubungan baik antara pembicara dan pendengar, maka kemudian saatnya melakukan komunikasi yang mengarahkan agar pesan komunikasinya tersampaikan dengan baik.

Strategi komunikasi lainnya, bisa Anda baca lebih lanjut di buku berjudul Effective Leadership Communication karya Dasep Suryanto yang bisa didapat di toko buku terdekat.

Related posts

Era Digital, Ini 5 Inovasi yang Harus Dilakukan Toko Ritel Agar Ramai

admin

Seni Mengungkapkan Pendapat

admin

3 Tips Interview untuk Jabatan Store Leader

admin

Leave a Comment