Feeds

5 Cara Cerdas Membuat LinkedIn Kamu Dilirik HRD Perusahaan

Keberadaan berbagai platform digital tidak dapat dipungkiri memberikan banyak perubahan termasuk urusan mencari pekerjaan. Jika dulu orang harus mengirim lamaran lewat pos perlahan cara tersebut mulai ditinggakan.

Selain melalui email, kini para jobseeker bisa memanfaatkan LinkedIn untuk melamar pekerjaan. Bahkan tidak sedikit orang yang mendapat tawaran melalui platform digital ini. Namun tentunya untuk bisa dilirik oleh HRD bukanlah soal mudah.

Kita harus bisa membuat profil LinkedIn semenarik mungkin agar para HRD merasa tertarik untuk menawarkan kesempatan kerja. Dalam artikel ini ada 5 tips membuat profil LinkedIn jadi lebih menarik:

1. Gunakan foto profil yang baik

Untuk menarik perhatian HRD hal pertama yang harus diperhatikan adalah foto profil. Gunakan foto yang terlihat rapi, jelas, dan juga profesional. Sebaiknya pakaian yang kita kenakan di foto bersifat formal. Tujuan dari penggunaan foto yang baik adalah untuk membangun impresi positif saat HRD pertama kali melihat profil LinkedIn kita.

2. Buat profil yang menarik tentang siapa diri kita

Jika sudah selesai memilih foto hal lain yang wajib diperhatikan adalah mengenai siapa diri kita. Di LinkedIn bagian ini terdapat di section ‘about’. Untuk menarik perhatian HRD kita sebaiknya mengisi bagian tersebut dengan deskripsi singkat mengenai apa pekerjaan, pengalaman, serta hal yang menarik perhatian kita dalam lingkup profesional. Mengisi bagian ‘about’ akan membantu HRD untuk mengenali siapa diri kita dengan lebih mudah.

3. Tambahkan skill yang dimiliki

Bisa dikatakan bahwa di LinkedIn profil kita bersaing dengan kandidat lain. Tentunya kita harus memberikan informasi yang atraktif namun tetap singkat dan juga padat. Menambahkan informasi mengenai skill atau keahlian akan membantu HRD mengetahui apakah kita adalah kandidat yang mereka cari. Tuliskan secara komprehensif mengenai skill yang kita miliki mulai dari hard skill sampai soft skill.

4. Cantumkan portofolio kerja

Apabila sudah pernah bekerja sebisa mungkin cantumkan hasil kerja di kita di LinkedIn. Bisa dengan melampirkan secara langsung atau memberikan link ke portofolio. Memberikan portofolio akan menolong kita untuk memamerkan hasil karya kepada HRD yang sedang mencari kandidat untuk perusahaan mereka.

5. Minta rekomendasi dari kolega

Terakhir adalah rekomendasi. Jika kita scroll LinkedIn sampai ke bagian bawah adalah kolom recommendation yang berasal dari rekan kerja. Rekomendasi berisi tentang pendapat kolega yang pernah bekerjasama dengan kita.

Related posts

Trik Komunikasi Diplomatis: Berpihak pada 2 Pihak

admin

Tips Menonjol di Tempat Kerja bagi yang Suka Berpindah-pindah

admin

Etika Menyampaikan Presentasi

admin

Leave a Comment