Feeds

5 Cara Komunikasi di Kantor untuk Para Introvert

Ketika berada di kantor tentu kita tidak bisa menghindari berinteraksi secara langsung dengan banyak orang. Mulai dari membicarakan projek sampai sekadar mengobrol semuanya perlu dilakukan. Bagi orang dengan karakter ekstrovert bersosialiasi bukanlah hal yang menyulitkan.

Namun bagi introvert berbicara dan berinteraksi dengan bisa dibilang cukup menantang. Diperlukan tips khusus agar si introvert bisa berkomunikasi dengan efektif namun tetap nyaman selama ada di kantor:

1. Latih kemampuan bicara dalam kelompok kecil

Merasa kikuk saat harus berbicara di depan umum bisa jadi adalah sebuah tanda bahwa kita adalah seorang introvert. Alasannya seorang introvert tidak suka saat harus menjadi pusat perhatian. Padahal dalam lingkungan kerja kemampuan berbicara di depan sangatlah penting

Untuk itu introvert perlu melatih kemampuannya. Caranya yaitu dengan membentuk kelompok kecil dan berlatih berbicara di depan mereka. Entah itu membicarakan hasil kerja atau ide. Dengan metode ini secara tidak langsung melatih mental untuk mampu berbicara di depan banyak orang.

2. Sulit mengatakan langsung? Coba awali dengan mengirim teks terlebih dulu

Bukan cuma saat berbicara di depan umum saja, seorang introvert kerap kali sulit mengawali pembicaraan meski itu hanya antar personal. Merasa malu atau sungkan jadi alasan mereka tidak nyaman. Untuk menghadapi hal tersebut kita bisa menyiasatinya dengan mengirim teks terlebih dulu.

Katakan pada lawan bicara kita bahwa ada hal yang kita ingin bicarakan. Katakan secara umum konteks pembicaraannya sehingga saat harus berhadapan antar muka kita bisa langsung berbicara tanpa perlu basa-basi terlalu lama.

3. Buat poin-poin penting sebelum berbicara

Kalau seorang ekstrovert jago berbicara panjang dan lebar hal berbeda terjadi pada si introvert. Biasanya introvert tidak pandai mencari bahan obrolan dan cenderung lebih suka berbicara langsung ke intinya saja. Nah untuk memudahkan komunikasi seorang introvert bisa membuat poin-poin dari hal yang harus dibicarakan. Tips ini akan membantu introvert menyampaikan hal-hal utama yang akan dibicarakan.

4. Tersenyumlah sebagai bentuk komunikasi

Tidak harus selalu berbicara secara verbal seorang introvert sebenarnya juga bisa ‘terlibat’ dalam pembicaraan dengan melempar senyuman. Jika rekan kerja sedang bercanda contohnya silahkan lemparkan senyuman sebagai bentuk penghargaan dalam obrolan kantor. Dengan begini kita tetap bisa berinteraksi tanpa perlu harus berbicara secara langsung.

5. Pilih waktu yang tepat untuk bersosialisasi

Memilih waktu berkomunikasi juga bisa menjadi tips ampuh buat orang dengan karakter introvert. Seperti kita ketahui bahwa terus bersosialiasasi bisa membuat si introvert merasa lelah. Karenanya coba pilih waktu yang tepat. Misalnya pagi sebelum kerja, saat lunch, atau menjelang pulang dapat menjadi waktu tepat untuk membangun obrolan dengan teman kerja.

Related posts

Persyaratan Kerja Anda Tak Memadai? Tetaplah Melamar jika Ada 3 Celah Ini

admin

4 Barang yang Biasa Dicari Costumer di Musim Liburan

admin

5 Rahasia Kecil yang Bisa Membuat Orang Jadi Milyuner

admin

Leave a Comment