Feeds

5 Tips Agar Kerjaanmu Tak Jadi Beban

“Duh kerja lagi deh”

Mungkin kalimat ini kerap terlintas di kepala kita kala pagi hari tiba. Harus kembali lagi ke realita kantor dengan setumpuk tanggung jawab dan tanggung jawab memang tidak mudah. Alhasil pekerjaan yang tadinya kita impikan kini terasa jadi beban.

Perasaan terbebani jika dibiarkan tentu akan memberikan dalam tersendiri. Kita akan jadi kurang maksimal dalam bekerja. Untuk itu diperlukan tips untuk membuat bekerja jadi aktivitas yang lebih menyenangkan seperti misalnya

1. Bangun mental ownership bukan sekadar pekerja

Jika selama kita ini menganggap bahwa bekerja hanya untuk menerima gaji secara perlahan ubah perspektif ini. Mulai dari sekarang tanamkan dalam diri bahwa apa yang kita kerjakan akan berdampak bagi besar bagi kemajuan perusahaan. Jika kita maksimal dalam bekerja hal tersebut akan berpengaruh terhadap kemajuan tempat kantor.

Memiliki mental ownership menjadi penting karena hal ini akan memacu rasa lebih tanggung jawab yang lebih besar. Dengan perasaan ini kita akan mengurangi rasa terbebani saat bekerja dan juga bermanfaat untuk mendorong diri bisa berkarya lebih baik lagi.

2. Miliki target kerja 

Terkadang banyak karyawan bekerja hanya melakukan job desc saja tanpa memiliki target kerja. Hal ini membuat kehidupan profesional kita terasa membosankan dan akhirnya kerja terasa jadi beban. Untuk itu untuk keluar dari kondisi tersebut sebaiknya kita memiliki target pribadi yang dicapai.

Misalnya jika saat ini kita hanya menguasai satu skill saja tetapkan dalam satu tahun ke depan untuk menguasai expertise baru. Capaian lainnya adalah kita bertekad untuk menjadi ‘the best employee’ yang akan memacu semangat untuk bekerja lebih baik daripada sebelumnya.

3. Terapkan strategi work smart bukan work hard

Istilah kerja keras mungkin kini bisa dibilang sudah tidak relevan lagi. Karena karyawan kekinian akan berorientasi bagaimana caranya bisa kerja dengan hasil maksimal tanpa mengorbankan kehidupan pribadi. Bagaimana hal ini dapat dicapai? Caranya adalah dengan mengetahui cara kerja smart.

Untuk bisa bekerja smart kita harus memiliki strategi. Saat datang pagi misalnya kita bisa segera membuat to do list, menentukan skala prioritas, mendelegasikan tugas, lalu melakukan evaluasi dari hasil kerja. Teknik ini mampu membuat kita bekerja secara maksimal dalam waktu dan effort yang lebih efektif serta efisien. 

4. Berkumpul bersama rekan yang positif

Lingkungan bakal mempengaruhi perasaan kita. Jika berkumpul dengan orang yang negatif seperti suka mengeluh contohnya, perasaan tersebut akan terbawa. Untuk itu dalam dunia kerja cobalah berteman dengan mereka yang memiliki attitude positif. Berkawanlah dengan mereka yang selalu optimis dan passionate sehingga hal tersebut akan berpengaruh positif terhadap perasaan kita. 

5. Harus punya life balance

Hindari mendedikasikan waktu 24/7 untuk pekerjaan. Kita harus tetap memiliki space untuk berkumpul bersama teman, keluarga, serta melakukan hobi. Inilah yang dinamakan life balance atau keseimbangan hidup antar dunia personal dan profesional. Memiliki life balance penting agar secara mental kita tetap sehat dan tidak merasa terbebani terhadap apa yang kita kerjakan. 

 

Tentunya masih ada banyak lagi cara untuk membuat kita tidak merasa terbebani dengan pekerjaan. Nah jika kamu tahu tips lainnya silahkan berbagi di kolom komentar. Bagikan juga artikel ini kepada teman atau rekan lainnya karena sharing is caring. 

 

Related posts

Bagaimana Menciptakan Komunikasi yang Berkesan?

admin

Ketika Keliru di Kantor, Lakukan Hal Ini

admin

Ingin Jadi Atasan Terbaik? Lakukan 10 Cara Ini: Simpel Tapi Efeknya Dahsyat

admin

Leave a Comment