Feeds

5 Tanda Bahwa User Menyukai Kandidat Saat Interview

Proses interview bisa dibilang adalah salah satu tahap paling mendebarkan saat melamar kerja. Alasannya tahap ini merupakan penentu apakah kita bisa menjadi bagian perusahaan tersebut atau tidak. Persiapan pun dilakukan sebaik mungkin demi mencuri perhatian user.

Setelah interview dilakukan kita masih akan dibuat deg-degan dengan hasilnya. Menebak-nebak apakah interviewer menyukai kita atau tidak. Namun biasanya saat wawancara ada beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan untuk menilai apakah user menyukai atau tidak seperti misalnya:

1. Proses interview berjalan cukup lama

Jika boleh jujur melakukan proses hiring sebetulnya tidak terlalu disukai oleh user ataupun HR. Apalagi untuk tujuan replacement (mengganti) karyawan yang keluar. Alasannya sederhana karena proses ini terbilang cukup menyita waktu.

Karena itu sudah tentu seorang user tidak akan mau menghabiskan waktu melakukan wawancara dengan kandidat yang tidak mereka minati. Jadi jika user menghabiskan waktu lebih lama dari durasi yang ditentukan hal tersebut adalah sebuah tanda awal ia jika proses wawancara berjalan lancar.

2. Memberitahu step selanjutnya yang harus dilewati

Tanda kedua yang menjadi petunjuk bahwa user menyukai kita adalah mereka menjelaskan proses selanjutnya. Entah itu diundang melakukan wawancara kedua, proses psikotest, atau mungkin melakukan test tertulis (Membuat contoh desain) yang secara tersirat menandakan bahwa kita sudah berhasil melewati proses wawancara.

3. User bercerita mengenai prospek karier & perusahaan

Bukan cuma kita sebagai calon kandidat yang akan menjual skill kepada perusahaan. Saat pihak perusahaan dalam hal ini user menyukai kita mereka pun akan mempromosikan kelebihan di tempat kerja tersebut. Contohnya seperti menjelaskan kultur kerja yang menyenangkan, rencana beberapa tahun ke depan, atau bahkan menjelaskan promosi serta peluang pengembangan karier di perusahaan tersebut. Intinya mereka terlihat ini mengambil hati kita dengan berbagai kelebihan yang ada dalam perusahaannya.

4. Menanyakan kapan bisa segera bergabung

Ini adalah sebuah tanda yang makin eksplisit menandakan bahwa user tertarik untuk mengajak kita bergabung. Apabila user menanyakan availability kita bisa bekerja di sana maka bisa dikatakan bahwa ia telah mempersiapkan kursi jika kita benar-benar akan bergabung dengan perusahaan tersebut.

5. Memperkenalkan dengan tim dalam divisi

Nah kalau kita melewati tahap ini bisa dipastikan 90% offering letter akan sampai di email. Alasannya tentu user tidak akan mau mengenalkan calon kandidat ke dalam lingkungan kerja jika mereka tidak tertarik. Biasanya kandidat yang diajak berkeliling kantor atau berkenalan dengan kolega merupakan calon terkuat untuk bergabung di sebuah perusahaan.

Itu tadi 5 tanda yang biasanya dialami kandidat jika user tertarik setelah menjalani proses interview. Jika ada pengalaman seputar proses wawancara yang pernah dialami jangan ragu berbagai di kolom komentar ya.

Related posts

Banyak Kerjaan? Ini Tips Jitu Agar Waktu Kerja Anda Efektif

admin

5 Hal yang membuat Karyawan Merasa Mentok dan Tak Produktif dalam Bekerja

admin

Bos Menyukai Cara Kerja Anda ? Ini 5 Tandanya

admin

Leave a Comment