Feeds

Dear Introvert, Ini 5 Trik Jadi Pembicara yang Memikat

Memiliki kemampuan public speaking yang baik seringkali dinilai hanya bisa dimiliki oleh seorang ekstrovert. Hal ini bisa jadi benar karena seorang ekstrovert biasanya tidak mudah cemas saat ada di depan umum yang mana hal ini memudahkannya saat harus jadi pembicara.

Namun ternyata seorang introvert pun bisa menjadi pembicara yang baik asalkan ia menjalankan 5 tips berikut:

1. Ubah perspektif tentang presentasi

Dilansir dari laman situs Tempo menurut Robert Dixon seorang karier konsultan Amerika mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan mengubah perspektif. Artinya Anda harus mensugesti pikiran bahwa presentasi atau bicara di depan umum bukanlah sesuatu yang mengerikan.

Anggap bahwa pendengar Anda adalah teman. Berpikirlah bahwa apa yang akan dikatakan itu penting sehingga hal ini membuat Anda merasa lebih nyaman saat berbicara di depan mereka.

2. Kuasai teknik

Bisa berbicara dengan baik bukanlah kemampuan yang bisa diperoleh dalam waktu semalam. Diperlukan latihan secara bertahap untuk bisa memikat pendengar Anda. Karena itu pelajarilah tentang teknik menjadi pembicara yang baik. Mulai dari menyusun tema, intonasi, sampai mimik yang tepat guna memikat audiens Anda.

3. Gunakan sensitivitas Anda

Pada dasarnya setiap kepribadian memiliki kelebihan tersendiri. Khusus untuk seorang introvert kelebihannya adalah Anda bisa lebih mudah membaca emosi orang lain. Ketika sedang berbicara introvert akan sensitif terhadap sinyal jika orang lain merasa tidak nyaman atau tersinggung dengan kata-kata Anda.

Gunakan sensitivitas sebagai kekuatan. Ketika sedang bicara di depan umum perhatikan respons mereka dan jadikan hal tersebut sebagai catatan saat ada kesempatan berbicara di depan umum lagi.

4. Berlatih terus

Tahukah Anda bahwa Barack Obama adalah seorang introvert?

Ya mantan Presiden Amerika yang memiliki kemampuan retorika itu ternyata juga adalah seorang introvert. Tapi karena seringnya ia harus bicara di depan umum kita nyaris tidak melihat sisi introvert-nya tersebut.

Jadi saat diminta menjadi pembicara Anda jangan menghindar. Sebaliknya manfaatkan kesempatan tersebut untuk melatih skill berbicara.

5. Jangan tertipu pikiran Anda

Biasanya introvert sering overthinking dengan berbagai pikiran sendiri. Takut orang lain tidak suka, materi membosankan, dan lain sebagainya.Untuk itu jauhkan pikiran seperti ini. Jangan sampai ketakutan ilusi membuat Anda gagal menjadi pembicara yang baik.

Related posts

Cara Bekerja Keras Tanpa Jadi Workaholic

admin

Bangkitkan Semangat Baru di Tahun Baru

admin

Komunikasi Efektif yang Sesuai Konteks dan Fleksibilitas

admin

Leave a Comment