Bagaimana Cara Menyampaikan Ketidaksetujuan Pada Atasan?

Ketika bekerja sesekali Anda mungkin menemui kondisi di mana tidak setuju dengan keputusan atasan. Hal ini wajar mengingat setiap orang akan memiliki pendapatnya tersendiri. Karenanya saat Anda tidak setuju dengan atasan disarankan untuk mengkomunikasikannya dengan cara seperti ini:

1. Pilih waktu yang tepat

Perhatikan situasi ketika akan menyampaikan rasa tidak setuju. Misalnya ketika atasan terlihat terlalu sibuk atau emosinya tidak baik, tunda dulu niat tersebut. Pilih waktu di mana situasinya terlihat memungkinkan sehingga ketika menyampaikan rasa keberatan tidak akan melahirkan konflik.

2. Gunakan data yang mendukung pendapat Anda

Kebanyakan seorang atasan akan menghargai pendapat jika didukung data yang baik. Untuk itu sebelum menghadap beliau, pastikan Anda sudah mempunyai data untuk mendukung pendapat. Jangan hanya data dengan perasaan tidak setuju yang tidak berdasar.

3. Pakai kalimat yang baik

Ungkapkan perasaan Anda dengan kalimat yang baik. Katakan bahwa pendapat Anda ini ditujukan karena ingin perusahaan yang beliau pimpin menjadi lebih baju. Biasanya pemimpin akan lebih menghargai pendapat yang memang bertujuan untuk memajukan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *