5 Tips Mengubah Kritik Jadi Motivasi

Tersinggung atau marah adalah dua reaksi yang biasanya diberikan saat seseorang menerima kritik. Hal ini wajar karena tidak sedikit yang menilai bahwa kritik merupakan serangan personal. Padahal bisa jadi hal ini tidaklah benar.

Orang yang memberi kritik bisa jadi adalah pihak yang suka jika Anda berkembang. Karena itu dalam artikel ini akan dibahas 5 cara bagaimana membuat kritik menjadi motivasi untuk disimak:

1. Dengarkan secara menyeluruh dan refleksikan pada diri sendiri

Ketika mendengar kritik telinga bisa jadi terasa panas. Eits, sebelum membalas marah atau meninggalkan begitu saja si pemberi kritik, coba tenang dulu yuk!. Dengarkan dengan baik kritik yang diberikan sambil mencerna dan merefleksikan, apakah benar yang ia katakan?

Jika tidak, coba berikan penjelasan. Tapi apabila benar, ambil kritik tersebut sebagai saran untuk memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik lagi.

2. Temukan poin positif dari kritik

Setelah mendengarkan secara baik dan merefleksikan ke dalam diri, kini saatnya menemukan poin positif. Misalnya ketika rekan kerja mengatakan bahwa kerja Anda lambat, lihat kritikan itu sebagai harapan bahwa mereka ingin Anda kerja lebih cepat. Selanjutnya Anda bisa mencari cara bagaimana kerja bisa lebih efektif dan efisien.

3. Beri sugesti ke pikiran bahwa kritik adalah tanda kepedulian

Sekali lagi Anda harus menanamkan dalam diri bahwa kritik bukanlah sebuah serangan. Sebaliknya, ini adalah sebuah tanda kepedulian baik itu dari atasan, rekan kerja, atau klien untuk perbaikan diri Anda. Berusahalah untuk tidak melihat kritik sebagai sesuatu yang bersifat personal.

4. Kritik berarti kesempatan untuk berubah

Jika Anda masih menerima kritik itu tandanya orang lain atau lingkungan, itu artinya masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perbaikan kekurangan yang masih terjadi.

5. Jadikan kritik sebagai titik awal pembuktian diri

Kebanyakan orang hebat memanfaatkan kritik sebagai titik awal pembuktian diri. Saat dikritik tidak capable di suatu bidang, orang yang mau memperbaiki diri akan melakukan berbagai cara untuk membuktikan kalau hal tersebut salah. Ia justru bakal membuktikan kalau dirinya bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *