Feeds

Cara Mengeluarkan Inner Power untuk Public Speaking

Selain dikenal sebagai Presiden Indonesia pertama, Soekarno juga diketahui adalah seorang komunikator ulung. Melalui pidatonya, beliau mampu menggerakan banyak orang di eranya. Semangat yang menggebu-gebu dan kata-kata memikat menjadi kekuatan yang membuat khalayak tidak hanya mendengarkan tapi juga melakukan yang ia katakan.

Tentu ini adalah hal yang mengagumkan. Sebagian orang pun mungkin bertanya, apa rahasia di balik pidato yang menggerakan?

Salah satu rahasianya adalah inner power. Menurut ahli Public Speaking Arih Budi Utomo, seorang dengan inner power mampu membuat orang terkesima dengan apa yang diucapkan. Nah dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara untuk mengeluarkan inner power yang bisa Anda terapkan.

1. Kelola emosi sebagai kekuatan inner power

Bagaimana perasaan Anda ketika melihat orang public speaking berbicara dengan nada datar tanpa emosi? Apakah terlihat menarik?

Kemungkinan besar jawabannya tidak. Anda kemungkinan besar akan melewatkan pembicaraannya begitu saja. Untuk itu dibutuhkan kemampuan membentuk emosi. Saat berbicara tentang suatu topik yang membuat Anda gelisah, salurkan perasaan tersebut dalam pembicaraan Anda.

Buat orang merasakan kegelisahan lewat kata-kata yang Anda katakan. Jika disalurkan secara baik, maka emosi ini dapat menjadi kekuatan untuk mengeluarkan inner power yang membuat orang mendengarkan perkataan Anda.

2. Inner power dilatih lewat latihan

Kekuatan melakukan public speaking yang berhubungan dengan inner power juga dipengaruhi dari latihan. Komunikator ulung seperti misalnya Merry Riana, Pandji Pragiwaksono, sampai Andrie Wongso tidak jago bicara hanya dalam semalam.

Mereka terbentuk dari jam terbang yang tinggi. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun untuk menjadikan diri sebagai “penguasa” panggung. Para komunikator ini biasanya berbicara mulai dari lingkup kecil sampai besar, sampai akhirnya berhasil mengeluarkan inner power saat melakukan public speaking.

3. Penampilan fisik sebagai dinamo keluarnya inner power

Inner power seseorang juga akan semakin keluar jika didukung penampilan yang baik. Karenanya sebelum public speaking pastikan Anda sudah mengenakan outfit yang bukan hanya nyaman tapi juga terlihat meyakinkan. Jika terlihat meyakinkan, Anda akan semakin percaya diri dan hal tersebut membuat inner power makin mudah keluar.

4. Inner power dan hubungan spiritual

Kekuatan spiritual dalam diri seseorang ternyata juga bisa membuat inner power keluar. Biasanya orang seperti ini terlihat tenang dan mampu mengendalikan keadaan. Kemampuan ia menguasai keadaan pun akan berbanding lurus dengan memimpin pembicaraan saat public speaking.

Related posts

3 Tips Interview untuk Jabatan Store Leader

admin

5 Cara Membangun Hubungan Positif dengan Rekan Kerja

admin

Tips Sukses dari Orang Sukses

admin

Leave a Comment