Feeds

Memahami Deliberate Learning, Metode Belajar untuk Ahli Dalam Suatu Bidang

Coba jawab pertanyaan ini. Jika disuruh memilih, Anda ingin memiliki banyak keahlian atau satu saja namun dengan tingkat mendalam?

Jika jawabannya yang kedua maka artinya Anda harus mendedikasikan diri untuk berkecimpung dalam dunia tersebut. Seorang ahli tidak boleh hanya menguasai suatu bidang hanya di permukaan saja. Ia harus mengetahui memahami segala seluk beluk bidang tersebut mulai dari level eksekusi sampai strategi.

Nah jika memutuskan ingin menjadi ahli di bidang tersebut salah satu hal yang bisa dilakukan adalah deliberate learning. Apa sih deliberate learning itu? Deliberate learning dapat diartikan sebagai sebuah metode belajar secara konsisten dan intens dengan cara yang benar sampai seseorang dapat dikatakan menjadi ahli di bidang terkait.

Cara benar yang dimaksud adalah Anda mempelajarinya secara bertahan. Contohnya ketika ingin mempelajari digital marketing, teknik deliberate learning tidak menyarankan Anda untuk langsung menjadi eksekusi. Anda akan diminta mempelajari mulai dari hal paling sederhana seperti misalnya mengetahui berbagai istilah dalam digital marketing sebelum mulai belajar.

Karena juga dikenal sebagai teknik belajar 10.000 jam deliberate learning menuntut Anda untuk belajar setiap harinya. Idealnya Anda membagi 10.000 jam ke dalam periode tertentu dan disiplin mengikuti jadwal yang teratur.

Misalnya Anda menentukan tiap harinya belajar selama 10 jam, artinya selama 2 tahun Anda diharapkan konsisten dalam jadwal tersebut. Dengan konsistensi tersebut Anda memiliki peluang besar untuk menjadi ahli di bidang yang ingin ditekuni.

Kini pertanyaannya, sudah siapkah Anda dengan hal tersebut? Apakah deliberate learning menarik untuk Anda?

Related posts

5 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Jam 8 Pagi

admin

5 Prinsip Kerja Orang Jepang yang Patut Ditiru

admin

Cara Membuat Atasan Menyukai Anda

admin

Leave a Comment