Feeds

Bagaimana Caranya Membuat Tim Terus Memberikan Kinerja yang Baik?

Setiap manajer tentu mengharapkan timnya selalu bisa bekerja secara maksimal. Namun terkadang penurunan performa bisa saja terjadi. Entah karena load kerja yang sedang banyak, masalah individual, atau mungkin ketika sang manajer tidak bisa mengontrol secara maksimal.

Untuk itu diperlukan cara khusus agar kinerja tim relatif stabil. Caranya adalah dengan membuat mereka selalu berusaha memberikan output hasil yang terbaik setiap kali bekerja di mana caranya dapat ditempuh melalui langkah berikut:

1. Yakinkan tim bahwa keberadaan mereka memberikan dampak signifikan

Untuk bisa mengecek pekerjaan timnya, seorang manajer biasanya akan meminta orang berkaitan membuat laporan. Tujuannya sudah tentu agar output yang diberikan sesuai dengan ekspektasi. Hal ini tentu tidak salah. Karena pada akhirnya manajer yang akan bertanggung jawab terhadap hasil kerja timnya.

Namun sebetulnya selain membuat laporan hal yang bisa dilakukan untuk membuat tim bisa bekerja maksimal adalah menanamkan mindset. Mindset apa itu? Mindset bahwa apapun yang mereka lakukan akan berdampak. Jika mereka bekerja secara baik, maka tim akan semakin maju dan hal tersebut akan berpengaruh langsung pada diri sendiri.

2. Berikan reward yang sebanding

Kedua, setelah menanamkan mindset Anda juga harus memikirkan sistem rewarding. Jadi bukan hanya menetapkan punishment, berikan pula mereka penghargaan jika memberikan performa kerja memuaskan. Biasanya toim akan semakin terpacu jika tahu dirinya akan mendapat reward dari prestasi.

Catatannya berikan reward secara proporsional alias jangan hanya sekadar ada saja. Buat mereka benar-benar merasa tertantang mendapatkan bonus tersebut. Tempatkan diri Anda menjadi seperti seorang karyawan, coba lihat apa yang mereka inginkan. Apakah itu tambahan gaji? Fasilitas? Atau ada hal lainnya bisa dijadikan reward bagi karyawan berprestasi.

3. Buat lingkungan yang kondusif

Prestasi akan sulit dicapai jika lingkungan kurang mendukung. Buatlah atmosfer kolaborasi yang juga ada rasa berkompetisi. Ciptakan suasana sehat di mana tiap orang di dalamnya nyaman bekerja di dalam tim Anda. Hindari menjadikan satu orang sebagai anak emas dan memberikan perhatian yang berada di tim lainnya.

Related posts

Hindari Asumsi Saat Berkomunikasi

admin

Strategi Naik Jabatan di Tahun Baru

admin

5 Tanda Anda Punya Jiwa Leadership yang Baik

admin

Leave a Comment