Pekerjaan bikin Stres? Yuk Perbaiki Time Management

Dasepsuryanto.com – Pernahkah anda merasa stres karena terjebak deadline? Well, sebenarnya kalau time management Anda bekerja dengan baik, tekanan seperti tadi bisa anda hindari.

Mungkin sekarang adalah saatnya untuk mempensiunkan istilah SKS alias ‘Sistem Kebut Semalam.’

Untuk itu, mari kita coba ikuti saran dari Ahli Karier, Donna M. White agar bisa punya waktu lebih untuk beristirahat dan melakukan aktivitas lainnya.

Cara cepat perbaiki time management 

1. Buat List

Salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat list adalah anda harus benar-benar memanfaatkannya. Bukan sekedar buat lalu diabaikan begitu saja.

Buat daftar pekerjaan yang menurut anda bisa dicapai di hari itu. Tulislah dengan skala prioritas supaya kerja keras anda tepat sasaran.

2. Buatlah Deadline

Tunggu dulu, deadline yang dimaksud bukanlah deadline yang bisa anda mundurkan dengan berbagai alasan hingga akhirnya menumpuk tak karuan.

Buatlah deadline dan cobalah untuk benar-benar mencapainya sesuai waktu. Percayalah, dengan bekerja keras sedikit, anda tak perlu menghabiskan sisa hari anda untuk pusing memikirkannya.

3. Batasi Multi-Tasking

Multi-Tasking atau mengerjakan beberapa hal secara bersamaan mungkin terasa efisien bagi sebagian orang.

Namun, bukan mustahil juga kalau hal itu justru membuat pekerjaan anda malah tak selesai. Karena itu, batasilah multi-tasking sesuai dengan kemampuan anda.

Pikiran anda akan bekerja lebih maksimal jika anda fokus dan berkosentrasi pada satu pekerjaan.

Mengenali, mengakali, dan mensyukuri kemampuan diri

4. Kenali batas kemampuan anda

Jangan selalu memaksakan diri untuk mengerjakan semuanya sendiri. Mendelegasikan sebagian tugas anda kepada orang yang berkompeten adalah sebuah cara cerdas untuk me-manage waktu bekerja anda. Komunikasikanlah semua hal dengan rekan anda supaya hasilnya bisa sesuai ekspektasi.

5. Manfaatkan waktu

Pernahkah anda hitung berapa waktu anda yang terpakai saat anda sedang mengantri di supermarket, menunggu pesanan makanan anda datang, dan lain sebagainya?

Nah, daripada cuma diam, mungkin anda bisa memakai sedikit dari waktu itu untuk kegiatan ringan tidak terlalu menyita perhatian anda. Seperti mengecek list pekerjaan di hari itu, atau hal-hal simple lainnya.

Yang perlu anda ingat, jangan lakukan ini saat anda sedang mengemudi atau berada di situasi yang membutuhkan konsentrasi khusus.

6. Syukuri dan Rayakan

Hal yang tak kalah penting adalah syukuri keberhasilan anda menyelesaikan list pekerjaan anda sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan.

Sembari merayakan, anda juga bisa sedikit mengevaluasi cara bekerja anda supaya bisa lebih efisien lagi di kemudian hari.

Ditulis oleh Admin. Sumber artikel: Psychcentral.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *