Cara Menghadapi Situasi Sulit ala Pemimpin Hebat

Dasepsuryanto.com –¬†Saat situasi sulit datang kepada Anda,¬†pahamilah bahwa ini pernah terjadi pada semua pemimpin, sebagai sebuah pengujian bahwa ia (dan termasuk anda) bisa menyelesaikannya.

Berikut adalah lima cara para pemimpin tangguh dalam menghadapi situasi sulit, serta bagaimana mereka mengelola emosi paska-krisis untuk bangkit kembali.

Trik Pemimpin Tangguh dalam Hadapi Situasi Sulit

Pandai menilai situasi
Pemimpin yang tangguh menggunakan kecerdasan emosional mereka untuk melakukan penilaian diri yang jujur, terhadap situasi yang sedang dihadapi.

Mereka akan memproses semuanya dengan hati-hati, dan menelusuri sampai ke akar masalahnya.

Ini merupakan sesuatu yang penting untuk Anda lakukan. Tanpa kemampuan ini, solusi pun akan sulit dicapai, dan Anda berisiko terjebak oleh emosi sendiri, yang bisa membuat frustrasi dan ingin terus-menerus marah.

Membingkai ulang
Sementara ego yang sehat mungkin terpukul dalam krisis, pikiran yang tangguh akan pulih dengan cepat melalui cara membingkai ulang masalah.

Membingkai ulang membantu memadamkan drama abadi yang mungkin Anda tulis di kepala Anda.

Untuk membingkai ulang secara efektif, Anda harus berurusan dengan semua hal faktual.

Tetapkan batasan yang jelas
Mungkin yang sangat memukul Anda adalah kurangnya batasan Anda pada orang lain.

Para pemimpin paling tangguh pulih dari situasi buruk dengan mengatakan “tidak” kepada siapa pun yang mengganggu tujuan, jadwal, dan terutama nilai dan keyakinan mereka.

Jadi, ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak harus menjadi orang yang dibutuhkan siapa pun. Menjadi dibutuhkan memerlukan terlalu banyak usaha dan akan membuat Anda frustrasi.

Sebaliknya, berikan perlawanan ketika keyakinan dan nilai-nilai Anda terancam.

Mau untuk terus Mengevaluasi

Lepaskan rasa bersalah
Pemimpin yang tangguh tidak membiarkan diri mereka larut saat merasa bersalah tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan mereka.

Begitu mereka membersihkan sisi pagar mereka dengan kejujuran dan integritas, mereka mengerti bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas tindakan dan drama orang lain.

Pemimpin yang baik juga tidak pernah menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang dilakukan orang lain.

Mengevaluasi kembali hubungan profesional
Pemimpin yang tangguh cukup pintar untuk mempertimbangkan kembali risiko dan manfaat dari jaringan mereka sehingga membuat mereka tetap aman dan melayani mereka dengan baik.

Sebagai seorang pemimpin, cara terbaik Anda untuk menghindari saling tuding di masa depan adalah dengan mencari circle yang tepercaya dari rekan kerja, yang bisa mendukung dan memberi Anda semangat.

Ditulis oleh Admin. Sumber artikel: LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *