Kekuatan Tiga Pesan: Agar Lebih Cepat Diingat dan Meninggalkan Kesan

DasepSuryanto.com – Dalam pertemuan besar yang menghadirkan banyak pemimpin dan menyampaikan banyak pesan, cara terbaik untuk mendapatkan perhatian dan pemahaman dari pendengar adalah menyampaikan pesan secara ringkas, padat, dan tepat.¬†Para pembicara terkemuka pada umumnya menggunakan kekuatan tiga pesan atau “the power of three.”

Kekuatan tersebut membuat pesan yang disampaikan lebih menarik perhatian, mudah diterima, serta nyaman dan enak didengar karena terkesan singkat, padat, dan jelas.

Umumnya, para pembicara yang mampu berbicara ringkas dengan menggunakan kekuatan tiga pesan terkesan sebagai orang yang cerdas dan menguasai bidangnya.

Dalam kumpulan para pembicara, biasanya pesan mereka paling diingat dan paling mendapat sambutan meriah dari para pendengar. Fakta ini menunjukkan bahwa banyak orang tidak suka berkomunikasi secara panjang lebar dan bertele-tele. Oleh karena itu, penting sekali memiliki kemampuan kekuatan tiga pesan untuk berkomunikasi secara efektif.

Informed, Inspired, Impressed

Di tengah banjirnya informasi saat ini, kekuatan tiga pesan memainkan peran penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif.

Kekuatan tiga pesan merupakan kemampuan nikasi yang efektif. Kekuatan tiga pesan merupakan kemampuan menyampaikan informasi dengan tepat, inspiratif, membangkitkan motivasi, serta menciptakan kesan positif kepada pendengar.

Secara ringkas, kemampuan ini bisa kita kembangkan dengan melatih tiga kemampuan ‘3i.’ yaitu informed, inspired, dan impressed.

Ini tidak sekadar menyampaikan informasi, tapi menyampaikan formasi ringkas yang tepat dan jelas (informed), yang membangkitkan inspirasi (inspired), dan sangat berkesan (impressed) sehingga sangat diingat dan berhasil mempengaruhi pendengar.

 

 

 

*Tulisan ini sudah pernah terbit di buku Effective Leadership Communication karya Dr. Dasep Suryanto, A.T., M.M., silahkan baca di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *