Skill Komunikasi, Kunci Jadi Karyawan Terbaik

DasepSuryanto.Com – Kerja tim adalah kunci untuk mencapai target. Untuk bisa bekerja tim dengan baik, maka komunikasi antar sesama anggota tim harus baik. Maka tak pelak, skill komunikasi menjadi sangat penting dalam pekerjaan.

Dan Skill komunikasi merupakan kunci bagi seorang karyawan untuk menjadi yang terbaik. Apa saja kemampuan berkomunikasi yang harus dikuasai karyawan? Simak penjelasan berikut.

1. Mendengar

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu cara untuk menjadi pelaku komnukasi terbaik. Ingat, mendengar di sini bukan sekadar mendengar. Masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Tapi mendengar di sini adalah menyimak dan memerhatikan secara seksama. Juga bisa menanggapi pembicara dengan responsif.

2. Komunikasi Non-Verbal

Bahasa tubuh, kontak mata, gestur tangan dan tekanan nada berbicara sangat mempengaruhi suksesnya komunikasi. Untuk itu, seorang karyawan perlu mengatur beberapa hal ini saat berbicara, tergantung dengan siapa ia berbicara.

3. Berbicara dengan Jelas

Berbicaralah yang jelas, dengan artikulasi yang jelas, sehingga pendengar bisa menangkap pesan yang dimaksud dan tidak salah paham. Hal ini bisa membuat lancarnya pekerjaan dan menghindari konflik dalam pekerjaan.

4. Tunjukkan Respek

Saat berkomunikasi, seorang karyawan harus menunjukkan respek atau rasa hormat. Hal ini tidak harus ke atasan, tapi juga sesama level karyawan dan juga bawahan. Dengan menunjukkan respek sesuai kadarnya masing-masing, maka karyawan tersebut telah menunjukkan kelasnya sebagai good communicator.

5. Berpikiran terbuka

Seorang yang berkomunikasi dengan baik adalah yang selalu membuka pikirannya untuk menyerap argumen si pembicara. Ia tidak merasa paling pintar dan merasa paling baik, namun tetap ada semangat untuk berbagi ilmu dan berdiskusi kepada siapa saja, baik itu atasan, rekan selevel, atau bawahan.

Nah, jika seorang karyawan sudah melakukan cara di atas. Pastikan juga bahwa pekerjaannya juga dilakukan dengan baik dan memenuhi target. Kelak, pada waktunya, seorang karyawan dengan skill komunikasi dan hasil pekerjaan yang memuaskan, akan mendapat promosi jabatan untuk dipercaya memegang tanggung jawab baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *