Mengenal PAFI, Organisasi Farmasi yang Sudah Berdiri Sejak 1946

Kesehatan adalah sumber kehidupan. Itu mengapa, pembangunan farmasi di Indonesia terus ditingkatkan demi tercapainya taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Masih selaras dengan kalimat di atas, pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta, dibentuk sebuah organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia “ atau disingkat PAFI. Tujuannya tak lain sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang memiliki Bakti Karya di bidang Farmasi. Termasuk Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK), Asisten Tenaga Kefarmasian (ATK) serta TTK dan ATK yang telah melanjutkan pendidikan di luar bidang Farmasi.

“PAFI adalah organisasi kemasyarakatan yang bergerak atas kesamaan profesi, terbuka untuk utamanya Tenaga Teknis Kefarmasian yang kompeten, dan orang yang amal baktinya di bidang farmasi, bersifat mandiri, demokratis, moderat, mengakar, tanggap, majemuk, berorientasi pada pengabdian, serta bebas dari pengaruh politik praktis.” begitu bunyi AD/ART PAFI yang telah direvisi tahun 2014.

Dalam perjalanannya, PAFI terus berkembang hingga hari ini. Mengutip dari Pafihalmaheratengah.org, Organisasi ini bersifat kekaryaan dan pengabdian, dengan tujuan sebagai berikut:

  • Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Untuk mengembangkan organisasi, PAFI membentuk Pengurus Daerah di tingkat Provinsi dan Pengurus Cabang di tingkat kabupaten/kota melalui mekanisme 5 (lima) tahunan yaitu Musyawarah ; baik Musyawarah Nasional, Musyawarah Daerah dan Musyawarah Cabang.

Melansir Pafihalmaheratengah.org, dengan perkembangan yang cukup pesat, PAFI diharapkan dapat terus menjadi salah satu yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara, tentunya yang sesuai dengan fungsi PAFI itu sendiri.

Posted by Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *