Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menawan Hati HRD

Dasepsuryanto.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri, saat ini lowongan kerja masih terbatas dibandingkan dengan jumlah pelamar. Karena itu, surat lamaran atau application letter yang biasa-biasa akan masuk tong sampah. Hanya surat lamaran yang menarik HRD, yang akan ditindaklanjuti.

Oleh karena itu, pastikan Anda memahami seperti apa lamaran yang mampu membuat HRD tertarik. Berikut sedikit bocorannya.

Sebelum masuk ke poin utama, pastikan dulu Anda membuat lamaran sesingkat mungkin.

Pasalnya, dengan jumlah waktu yang terbatas dan jumlah lamaran yang banyak. HRD harus memilah lamaran. Mana yang dipilih, mana yang di dipinggirkan.

Secara cepat HRD harus mengelompokkan lamaran berdasarkan posisi yang dilamar. Misalnya untuk supervisor level yang follow up staf recruitment A. Sedangkan untuk level Manager yang follow up staf recruitment B, dan seterusnya.

Jadi, pastikan lamaran Anda tidak lebih dari satu lembar. Ingat… Usahakan hanya satu lembar.

Lanjut ke topik utama, ada tiga hal penting yang harus Anda tonjolkan pada lamaran kerja anda.

  • Yang pertama adalah jabatan yang Anda lamar. Tulis dengan jelas, di-bold, dan tempatkan paling atas pada surat lamaran;
  • Yang kedua adalah profil Anda. Tulis saja secara singkat semisal ‘saya, Rino Budi, pria, 46 tahun, berkeluarga, tinggal di Tangsel,’ dsb. Usahakan jangan dibuat bertele-tele.
  • Terakhir, gambarkan kehebatan Anda secara singkat. Misal, saya lulusan S1, S2, S3, berpengalaman sekian tahun di bidang A, B, dan lainnya tergantung kehebatan Anda masing-masing.

Nah, bagaimana? Semoga dapat membantu meraih pekerjaan impian Anda ya, salam indahnya berbagi.

One thought on “Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menawan Hati HRD

  • Oktober 11, 2017 pada 12:07 pm
    Permalink

    Sangat bermanfaat sekali..tq

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *