Meningkatkan Skill Presentasi

Mampu melakukan presentasi dengan baik merupakan kemampuan yang tak dimiliki semua orang. Ada orang yang sulit untuk berbicara di depan orang banyak, sehingga presentasinya tak berjalan dengan lancar. Untuk itulah, agar skill presentasi bisa meningkat dan berkembang, maka ini beberapa cara yang bisa kita lakukan.

1. Antusias

Ilustrasi antusias (Pixabay)

Sebelum melakukan presentasi, ada baiknya kita sebagai orang yang memberikan presentasi harus menyenangi dulu topik yang akan kita presentasikan. Jika sudah senang, maka kita akan lebih antusias menyampaikan presentasinya, dan hal itu akan membuat audiens lebih tertarik dan tidak merasa bosan. Sebaliknya, jika kita tak suka dengan topiknya dan merasa bosan, maka presentasi juga akan jadi membosankan bagi para audiens.

2. Memperluas pergaulan

Ilustrasi pergaulan (Pixabay)

Dengan memiliki pergaulan yang luas, maka kita akan mengenal banyak orang, dengan berbagai macam kepribadian, sifat, dan juga latar belakangnya. Perbedaan itu juga membuat mereka memiliki preferensi masing-masing soal topik favorit mereka. Jika sudah mengenal mereka dengan baik, kita juga jadi bisa menyesuaikan gaya bicara dan juga topik presentasi, sehingga presentasi kita akan berjalan dengan baik dan tak membosankan.

3. Jadikan lebih simpel

Ilustrasi menjelaskan (Pixabay)

Melakukan presentasi sama halnya dengan menjadi guru atau pengajar, karena kita akan memberitahu audiens tentang suatu topik yang mungkin belum mereka tahu, dengan harapan setelah presentasi itu para audiens jadi tahu. Agar audiens dapat lebih mudah memahami topik yang kita berikan, sebelumnya kita harus belajar dulu cara memberi penjelasan topik yang sebenarnya rumit, dan harus dijelaskan jadi lebih sederhana. Jika sudah mampu menyederhanakan penjelasan rumit, dijamin audiens pasti akan paham dengan cepat.

4. Biasakan bersikap ramah

Ilustrasi ramah (Pixabay)

Bersikap ramah tak hanya membuat kita disukai orang lain, namun juga berguna dalam hal presentasi. Bersikap ramah dalam presentasi, seperti tersenyum pada audiens, atau melakukan kontak mata pada mereka, mampu membuat mereka mau mendengarkan apa pun topik presentasi yang sedang dijelaskan karena kita dinilai merupakan orang yang menghormati orang lain. Karena itulah, mulailah bersikap ramah dalam kehidupan sehari-hari, dan bawa sikap ramah itu ke dalam presentasi. Secara tak sadar, mungkin skill presentasi kita sudah meningkat, karena terbiasa dalam kehidupan kita.

5. Latihan

Ilustrasi presentasi (Pixabay)

Tentu saja, dalam segala hal, termasuk presentasi, tak ada yang instan dan langsung bisa. Semua membutuhkan proses, dan latihan dengan intens merupakan salah satu dari proses tersebut. Latihan presentasi bisa dilakukan di rumah sendiri, seperti misalnya berlatih berbicara di depan cermin, atau bisa juga berlatih berbicara atau presentasi di depan keluarga sendiri. Setelah itu, cobalah untuk presentasi di depan teman-teman, dan minta pendapat mereka. Semakin sering latihan, maka skill presentasi kita juga pasti akan meningkat.

Seperti disebutkan sebelumnya, menjadi ahli presentasi tak bisa dilakukan secara instan dan butuh proses. Jika kita mau menjalani proses tersebut tanpa mengeluh, yakinlah kita bisa menjadi presentator handal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *