Ingin Organisasi Lekas Berkembang? Terapkan 9 Prinsip Ini

DasepSuryanto.com – Dalam mendirikan organisasi, atau perusahaan, sudah pasti ada yang namanya persaingan, dalam artian sehat tentunya.

Perusahaan yang baik, adalah perusahaan yang mampu berkembang ke arah yang lebih baik.

Karena itu, baik organisasi atau perusahaan, wajib untuk menerapkan 9 prinsip berikut ini, seperti dikutip dari buku berjudul Disruption karya Rhenald Kasali.

Disiplin diri

Tanpa adanya disiplin diri, organisasi tak akan bisa berkembang, yang ada malah sebaliknya. Disiplin di sini maksudnya adalah tahu bagaimana cara agar tak melenceng jauh dari visi dan misi organisasi atau perusahaan.

Berani mengambil risiko

Setiap langkah yang kita ambil pasti memiliki risiko, tinggal bagaimana kita menangani risiko itu. Jika kita masih belum berani mengambil risiko, maka organisasi atau perusahaan yang kita pimpin akan berjalan di tempat alias stuck.

Play to Win

Maksud dari play to win adalah kita membangun organisasi atau perusahaan ini bukan untuk gagal, melainkan untuk sukses. Jika cara pandang seperti itu sudah diterapkan, maka kita akan bisa melalui berbagai cobaan yang menimpa organisasi kita.

Kemampuan menyederhanakan pilihan

Ada banyak pilihan yang bisa kita ambil ketika menjalankan organisasi, tergantung kita mau organisasinya ke arah mana.

Jika terlalu banyak pilihan untuk dipilih, maka kita harus memiliki kemampuan menyederhanakan pilihan, yang tentunya sesuai dengan visi misi perusahaan.

Mindset yang tumbuh

Setiap orang, atau organisasi, memiliki mindset, atau pola pikirnya masing-masing. Hilangkan pola pikir negatif, seperti kita akan gagal jika melakukan ini, atau tak ada gunanya kita melakukan itu, karena pola pikir seperti itu hanya menghambat perkembangan organisasi. Karena itu, kita harus punya mindset yang positif.

Komunikasi asertif

Komunikasi asertif adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang kita rasakan kepada orang lain, dengan tetap menghargai perasaan serta hak orang lain.

Untuk membentuk komunikasi asertif ini, hilangkan rasa egois Anda, sehingga Anda dan rekan-rekan Anda bisa saling bekerja sama. Pemaksaan kehendak bisa jadi awal kehancuran organisasi yang Anda kelola.

Perspektif yang luas dan bijaksana

Perspektif sempit tak akan membawa Anda menuju kesuksesan. Selain itu, pengambilan keputusan yang tak bijaksana juga akan berakhir dengan kegagalan. Karena itu, Anda harus memiliki perspektif luas, dan juga bijaksana dalam mengambil keputusan.

Kemampuan berpikir kritis

Berpikir kritis sangat diperlukan bagi organisasi agar bisa berkembang. Bila pikiran Anda tidak kritis, maka bisa jadi organisasi Anda akan disetir oleh pihak lain, yang bisa jadi malah akan menjatuhkan organisasi Anda sendiri.

Kemampuan berpikir kreatif

Selain kritis, Anda juga harus kreatif dalam berpikir, sehingga organisasinya bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Kreatif di sini dalam artian Anda bisa menyelesaikan masalah dengan baik, dan juga cepat tanggap.

Itulah 9 prinsip yang harus diterapkan jika organisasi Anda ingin berkembang jadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Admin. Sumber artikel: Disruption karya Rhenald Kasali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *