Karakteristik Pemimpin Terbaik dalam Organisasi

DasepSuryanto.Com – Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, tentunya semua orang yang terlibat di dalamnya ingin memiliki pemimpin yang baik, bertanggung jawab, dan bisa membimbing mereka menuju kesuksesan. Meski terdengar mudah, namun tak semua pemimpin memiliki karakteristik pemimpin yang baik.

Seperti dikutip dari Clearpointstrategy.com, berikut adalah karakteristik dari seorang pemimpin yang baik dalam organisasi.

1. Seorang komunikator

Pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang mampu berkomunikasi efektif dengan orang lain, baik itu sesama petinggi organisasi, maupun pada bawahannya. Tanpa adanya komunikasi yang baik, seperti misalnya mampu memberikan gambaran visi dan misi organisasi yang jelas pada orang lain, seorang pemimpin itu masih belum bisa dikatakan sebagai pemimpin terbaik, karena membuat bawahannya menduga-duga, bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman.

2. Penuh komitmen

Pemimpin yang terbaik bukan hanya pemimpin yang berapi-api, tapi juga penuh dengan komitmen. Pemimpin yang berapi-api takkan ada gunanya jika tidak berkomitmen. Komitmen inilah yang membuat seorang pemimpin bisa fokus pada apa yang menjadi tujuannya, dan bisa menghadapi segala yang menjadi hambatan dalan menuju sukses. Bila seorang pemimpin sudah berkomitmen, maka kesuksesan sudah pasti akan bisa diraih bersama.

3. Berpikir positif

Pemimpin yang baik juga adalah pemimpin yang selalu berpikir positif dalam keadaan apapun. Berpikir positif jelas bisa berpengaruh positif pula pada bawahannya. Sebaliknya, jika seorang pemimpin tak mampu memberikan pengaruh positif, maka pemimpin itu tak layak menjadi seorang pemimpin. Buatlah suasana positif agar pekerjaan yang sedang dikerjakan tak menjadi beban.

4. Terus berinovasi

Pemimpin yang aktif merupakan ciri pemimpin yang mau terus maju. Dia tak akan bisa puas terhadap apa yang sudah dicapainya. Dia akan terus berinovasi jika memang mampu, dan inovasi itu akan membawa dirinya serta bawahannya ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Intinya, jangan mudah berpuas diri, karena masih ada ruang untuk terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

5. Mampu berkolaborasi

Pemimpin yang mengeksklusifkan diri dan tak mau bekerja sama dengan bawahan bukanlah seorang pemimpin yang baik, melainkan hanya seorang bos, yang maunya hanya memerintah, tanpa mau merangkul semua bawahannya. Tanpa adanya kerja sama antara pemimpin dan bawahan, maka di antara mereka tak akan terjalin hubungan saling percaya, dan hal itu jelas bukan hal yang baik.

Pemimpin yang baik mau bekerja sama dengan bawahannya, dan kemudian menjalin hubungan kepercayaan yang kuat, demi bisa meraih tujuan bersama.

Semoga karakteristik pemimpin seperti yang sudah disebutkan di atas semakin banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *